Pengaruh penggunaan metode teams games tournament (TGT) dalam pembelajaran PPKN terhadap sikap toleransi siswa di SMP N 1 Slogohimo
suyato suyato, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN di SMP N 1 Slogohimo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yang terbagi ke dalam dua bagian yaitu tes awal (pretest) tes akhir (posttest). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dengan uji-T dan N-Gain. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN dengan analisis uji t bahwa t hitung untuk variabel Y (sikap toleransi) dengan equal variance assumed adalah 6.882 dengan probabilitas sebesar 0,000 nilai sig < 0,05 yang artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa. Dengan ketentuan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan bahwa ada pengaruh metode TGT terhadap sikap toleransi .
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.