Pengaruh penggunaan metode teams games tournament (TGT) dalam pembelajaran PPKN terhadap sikap toleransi siswa di SMP N 1 Slogohimo

Rita Ernawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
suyato suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN di SMP N 1 Slogohimo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design (pretest-posttest yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yang terbagi ke dalam dua bagian yaitu tes awal (pretest) tes akhir (posttest). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dengan uji-T dan N-Gain. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PPKN dengan analisis uji t bahwa t hitung untuk variabel Y (sikap toleransi) dengan equal variance assumed adalah 6.882 dengan probabilitas sebesar 0,000 nilai sig < 0,05 yang artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT terhadap sikap toleransi siswa. Dengan ketentuan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan bahwa ada pengaruh metode TGT terhadap sikap toleransi .


Full Text:

PDF

References


Anwar, K., & Louis, R. (2017). Factors Affecting Students’ Anxiety in Language Learning: A Study of

Private Universities in Erbil, Kurdistan. International Journal of Social Sciences & Educational Studies,

(3), 160–174. https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i3p160

Ariani, R., & Sahono, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament

Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi

Pendidikan, 12(2), 491–499.

Fortuna, R., & Khadir, A. (2022). The Role of Civic Education in the Integration of the Indonesian Nation.

Jurnal Pendidikan Amartha, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.57235/jpa.v1i1.1

Hayun, S. (2016). Perwujudan Sikap Toleransi Pada Siswa Kelas Ii Sma Negeri 1 Pulau Morotai. Edukasi,

(1), 404–410. https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.184

Insitute, S. (2017). Ringkasan Eksekutif Indeks Kota Toleran ( Ikt ) Tahun 2017. November, 1–13

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam

Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8204

Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA). (2017). (Bukan) hitam putih konflik agama: analisis situasi

kebebasan beragama dan berkeyakinan di jawa tengah tahun 2017 (T. Kholiludin, Ed.). ELSA Press.

http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Rodliyah, S. (2019). Pembelajaraan Kooperatif Model Jigsaw Untuk Mengajar Geografi. Jakarta: Cipta

Gadhing Artha. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Kooperatif_Model_Jigsaw_Unt/igIhEAAAQBA

J?hl=id&gbpv=1&dq=Pembelajaran+Kooperatif+Model+Jigsaw+Untuk+Mengajar+Geografi&pg=PA

&printsec=frontcover

Sigit, K. A., & Hasani, I. (2021). Intoleransi Semasa Pandemi: Laporan Kebebasan Beragama dan

Berkeyakinan 2020 (H. Hasan, Ed.). Pustaka Masyarakat Setara.

Suyato. (2006). Teams Games Tournament (TGT): memadukan unsur competitive dan cooperative dalam

rangka peningkatan kualitas pembelajaran PPKN. Civics, 3 No. 3.

Verkuyten, M., & Yogeeswaran, K. (2017). The Social Psychology of Intergroup Toleration: A Roadmap for

Theory and Research. Personality and Social Psychology Review, 21(1), 72–96.

https://doi.org/10.1177/1088868316640974

Wahid Foundation. (2017). Potensi Intoleransi dan Radikalisme Sosial-Keagamaan di Kalangan Muslim

Indonesia. Wahid Institute

Yulisa, B., & Setiyaningtyas, N. (2023). Efektivitas Metode Teams Games Tournamet ( TGT ) Berbantuan

Modul Terhadap Sikap Toleransi Siswa. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i4.20172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link