Peran Organisasi Mahasiswa Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Bangsa Dalam Sikap Integritas Pada Mahasiswa

Risma Prihatini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nasiwan Nasiwan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini didasarkan pada penelitian yang bertujuan (1)menganalisis peran organisasi mahasiswa FISHIPOL UNY dalam pembentukan nilai karakter bangsa terutama dalam sikap integritas pada mahasiswa (2)mendeskripsikan perubahan nilai-nilai karakter negatif menjadi positif pada mahasiswa setelah mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa, dan (3)mendeskripsikan faktor yang  dapat membentuk nilai karakter sikap integritas pada mahasiswa pengurus organisasi mahasiswa FISHIPOL UNY. Syndrome inersia pada organisasi mahasiswa memiliki dampak merugikan bagi organisasi mahasiswa. Dampak tersebut yaitu kehilangan momentum dalam mencapai tujuan organisasi serta mengakibatkan organisasi kurang dapat berfungsi secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif.  Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan dua teknik yakni teknik purposive dan snowball. Informan penelitian ini adalah mahasiswa pengurus organisasi mahasiswa yang berjumlah 20 orang pengurus organisasi mahasiswa FISHIPOL UNY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data triangulasi sumber. Analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.


Full Text:

PDF

References


Jeanete Ophilia Papilaya, Neleke Huliselan.(2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal

Psikologi Undip, 15(1), 56-63.

Mustika Cahyaning Pertiwi, Sulistiyawan, Awang, Irma, R., Kaltsum, & Honest, U. (2015). Hubungan

Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam Menciptakan Leadership. Prosiding Seminar Nasional

Dan Call For Papers, ISBN: 978-(2), 227–234.

A, Rosdiana Bakar. (2015). Dasar – Dasar Pendidikan. Medan : Gema Insani.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata

Pelajaran. Yogyakarta: Familia

Kurniawan. (2013) Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional Guru: Universitas

Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar.

Sriwitari, Ni Nyoman dan I Gusti Nyoman Widnyana. (2014). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta :

GRAHA ILMU.

Resti, F. I. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa SmaNegeri 1 Demak

Melalui Program Tertib Parkir Di Sekolah. Universitas Negeri Semarang.

Agus Wibowo.(2021). Pendidikan Karakter : Strategi membangun Karakter Bangsa berperadaban.

Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Agus Wibowo (2014). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi : Membangun Karakter Ideal

Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad Hidayat. (2015). “ Nilai-Nilai Karakter Dari Kegiatan Organisasi Mahasiswa Di Lingkungan

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi pada Fakultas Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta.

Anggiya Yuliasari. (2018). “Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Komunikasi

Interpersonal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Universitas Lampung.

Bandar Lampung.”. Skripsi pada Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bernard Raho, SVD. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.

Sudrajat, Ajat. (2011) . Mengapa Pendidikan Karakter?. Pendidikan Karakter. 1(1): 47-57.

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan.

Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155 /U/1998 tentang

Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK) di Perguruan Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link