Discovery Learning sebagai Metode Penanaman Disiplin Mata Pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman

Nur Hasanah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; 2) Mengidentifikasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; dan 3) Menganalisis upaya mengatasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian dengan Triangulasi Data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik yang mana dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi; 2) Hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi adalah latar belakang pondok pesantren yang berbeda, kurangnya kesadaran diri serta lemahnya keteladanan teman sebaya, dan kurangnya sarana dan prasarana dan 3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi yaitu kerja sama antar komponen sekolah.


Full Text:

PDF

References


Alfath, K. (2020). Pendidikan karakter disiplin santri di pondok pesantren Al-Fatah Temboro. AlManar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 125-164.

Ansori, M. (2020). Pengembangan kurikulum madrasah di pesantren. Munaddhomah: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50.

Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter religius, toleransi dan disiplin siswa SMP. Jurnal Imiah

Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).

Awaliyah, R., Surani, D., & Milawati, R. (2023). Pengaruh metode discovery learning terhadap

keterampilan keaktifan matematis siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 273-285.

Christopher, M., & Tynisha, M. (2013). Character education in three schools: catholic, quaker and

public. Education 3-13: International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education.

Vol. 41 (2):178-187

Curvin, R. L., & Mindler, A.N. (1999). Discipline with dignity. USA: Association For Supervision And

Curriculum Development.

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Prenada Media.

Davies, I., Gorard, S., & McGuinn, N. (2005). Citizenship education and character education:

similarities and contrasts. British Journal of Education Studies. Vol. 53 (3):341-358.

David, I.W., Michael, P.R., & Kristjan, K. (2015). Towards a new era of character education in theory

and in practice. Education Review. Vol. 67 (1):79-96.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hasan, S.H., et al. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Badan

Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Helen, R., Stiff-Williams. (2010). Widening the lens to teach character education alongside standars

curriculum. The Clearing House: A Journal of Education Strategies, Issues and Ideas. Vol. 83

(4):115-120

Howard, R.W., Berkowitz, M.W., Schaeffer, E.F. (2004). Politics of character education. Education

Policy, 18(1), 188-215Yusuf, S.L.N. (2014). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung

: Remaja Rosda Karya

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah.

Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164.

Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa.

Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112-122.

Junaedi, D. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educatio Fkip Unma,

(1), 55-60.

Nur Hasanah, Prof. Dr. Marzuki, M. Ag. Discovery learning sebagai Metode Penanaman Disiplin Mata Pelajaran PPKn di MTs Nur Iman

Mlangi Sleman

Kennedy, J.K. (2019). Civic and citizenship education in volatile times:Preparing Students for

citizenship. SpringerBriefs in Education. Springer Singapore.

Lickona, T. (2012). Character matters. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter konstruksi teoritik & praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 3(2), 50-57.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan

Dasar, 2(1): 37-50.

Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan

dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970-2984.

Samani, Muchlas. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran guru kelas dalam pembentukan karakter

disiplin pada siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520-526.

Watson, M. (2014). Handbook of moral and character Education. New York and London: Routledge

Taylor and Francis Group




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link