Discovery Learning sebagai Metode Penanaman Disiplin Mata Pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; 2) Mengidentifikasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman; dan 3) Menganalisis upaya mengatasi hambatan penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di MTs Nur Iman Mlangi Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian dengan Triangulasi Data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik yang mana dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi; 2) Hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi adalah latar belakang pondok pesantren yang berbeda, kurangnya kesadaran diri serta lemahnya keteladanan teman sebaya, dan kurangnya sarana dan prasarana dan 3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam penanaman disiplin melalui discovery learning mata pelajaran PPKn di Mts Nur Iman Mlangi yaitu kerja sama antar komponen sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Alfath, K. (2020). Pendidikan karakter disiplin santri di pondok pesantren Al-Fatah Temboro. AlManar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 125-164.
Ansori, M. (2020). Pengembangan kurikulum madrasah di pesantren. Munaddhomah: Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter religius, toleransi dan disiplin siswa SMP. Jurnal Imiah
Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).
Awaliyah, R., Surani, D., & Milawati, R. (2023). Pengaruh metode discovery learning terhadap
keterampilan keaktifan matematis siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 273-285.
Christopher, M., & Tynisha, M. (2013). Character education in three schools: catholic, quaker and
public. Education 3-13: International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education.
Vol. 41 (2):178-187
Curvin, R. L., & Mindler, A.N. (1999). Discipline with dignity. USA: Association For Supervision And
Curriculum Development.
Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Prenada Media.
Davies, I., Gorard, S., & McGuinn, N. (2005). Citizenship education and character education:
similarities and contrasts. British Journal of Education Studies. Vol. 53 (3):341-358.
David, I.W., Michael, P.R., & Kristjan, K. (2015). Towards a new era of character education in theory
and in practice. Education Review. Vol. 67 (1):79-96.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hasan, S.H., et al. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Badan
Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Helen, R., Stiff-Williams. (2010). Widening the lens to teach character education alongside standars
curriculum. The Clearing House: A Journal of Education Strategies, Issues and Ideas. Vol. 83
(4):115-120
Howard, R.W., Berkowitz, M.W., Schaeffer, E.F. (2004). Politics of character education. Education
Policy, 18(1), 188-215Yusuf, S.L.N. (2014). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung
: Remaja Rosda Karya
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah.
Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164.
Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa.
Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112-122.
Junaedi, D. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educatio Fkip Unma,
(1), 55-60.
Nur Hasanah, Prof. Dr. Marzuki, M. Ag. Discovery learning sebagai Metode Penanaman Disiplin Mata Pelajaran PPKn di MTs Nur Iman
Mlangi Sleman
Kennedy, J.K. (2019). Civic and citizenship education in volatile times:Preparing Students for
citizenship. SpringerBriefs in Education. Springer Singapore.
Lickona, T. (2012). Character matters. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter konstruksi teoritik & praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 3(2), 50-57.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan
Dasar, 2(1): 37-50.
Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan
dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970-2984.
Samani, Muchlas. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran guru kelas dalam pembentukan karakter
disiplin pada siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520-526.
Watson, M. (2014). Handbook of moral and character Education. New York and London: Routledge
Taylor and Francis Group
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.