Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Menanamkan Karakter Demokratis Di SMA Negeri 1 Semanu

Yassinta Isna Berliana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Iffah Nur Hayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penanaman karakter demokratis melalui pembelajaran Pendidikan dan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Semanu; (2) mengetahui hambatan dalam penanaman karakter demokratis melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Negeri 1 Semanu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Subjek penelitian ini yaitu guru PPKn yang ditentukan dengan teknik purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk kepentingan validasi data digunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian penelitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman karakter demokratis dilakukan melalui penyampaian materi, metode pembelajaran, dan keteladanan. Penyampaian meteri dilakukan dengan memberikan pemahaman secara kognitif mengenai karakter demokratis. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan Snowball Throwing. Keteladanan dilaksanakan dengan guru sebagai model serta panutan sabar, sikap dan tindakan sesuai dengan karakter demokratis. Hambatan dalam penanaman karkater demokratis yaitu kurangnya rasa percaya diri peserta didik, kurangnya perhatian peserta didik terhadap kegiatan belajar mengajad, dan kurangnya pengembangan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter demokratis melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Gafur. (2011). Metode, Strategi, dan Metode Pembelajaran PKN. Departemen Pendidikan

Nasional UNY PLPG: Yogyakarta

Abdul Majid. (2010). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Abdul Majid. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Haryanto Al-Fandi. (2011). Desain Pembelajran yang Demokratis dan Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengambangan Pusat Kurikulum. (2010).

Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta:

Kementrian pendidikan Nasional.

Kemendiknas. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP. Jakarta: kementrian

pendidikan Nasional

Marno dan Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran, Menciptakan pengajaran yang Efektif dan

Efisien. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang

Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Sulistryowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Ajiprama

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Srijanti, A. Rahman H. I, dan Purwanto S. K. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Swann, W. (2013). The Impact of Applieed Cognitive Learning Theory on Engagement whit Learning

Coursewere. Jurnal of Learning Design, 6 (1) : 61-74

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Thomas Lickona. (2012). Educating for Character: Personal Karakter, terj. Juma wudu Wamaungu &

Jean Antunes Radolf Zein dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta : Bumi Aksara.

Yahya Khan. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis potensi diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

https://gunungkidul.sorot.co/berita-98838-link-html




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link