Telaah muatan nilai multikultural dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP kelas VII
Iqbal Arpannudinb, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn, (2) menganalisis penjabaran nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan serta yang diterbitkan Erlangga. Pengumpulan data meliputi tahap pembacaan, pengkodean, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Validitas data dalam penelitian ini adalah validitas semantic, sementara reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas dan replkabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan erlangga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah pluralitas. Sedangkan pada buku teks siswa PPKn kelas VII yang diterbitkan, Erlangga juga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah toleransi. Kedua, penjabaran nilai multikultural yang paling dominan termuat pada komponen materi pembelajaran, sedangkan refleksi pembelajaran menjadi komponen paling sedikit menjabarkan nilai-nilai multkultural.
Full Text:
PDFReferences
Agustinova, D. A. (2018). Nilai-nilai multikultural dalam buku teks non-bse mata pelajaran IPS untuk
siswa kelas VII, VIII, dan IX terbitan pusat perbukuan. Social Studies, 7(3), 321-340. Diunduh dari
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/12736.
Blum, L. (2014). Three educational values for a multicultural society: Difference recognition, national
cohesion and equality. Journal Of Moral Education, 43(3), 332-344.
DOI:10.1080/03057240.2014.922057.
Errington, A. & Litic, D. B. (2015). Management by textbook: the role of textbooks in developing
critical thinking. Journal of Management Education, 39(6), 774-800. DOI:
1177/1052562915594839.
Fey. (2021, Januari 26). Guru minta nadiem bongkar semua kasus intoleransi di sekolah. CNN
Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210126140126-20-598528/guruminta-nadiem-bongkar-semua-kasus-intoleransi-di-sekolah
Gebregeorgis, M. Y. (2016). Peace values in language texbooks. The case of english for Ethiopia
student textbook. Journal of Peace Education, 1(15), 54-68. DOI:
1080/17400201.2016.1228526.
Marinkovic, S., Eric, M. (2014). The problem of value in a textbook. Elsevier, 128, 72-76. DOI:
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.120.
Okeeffe. L. (2013). A framework for textbook analysis. International Review of Contemporary Learning
Research, 2(1), 1-13. Diunduh dari
https://www.researchgate.net/publication/275214893_A_Framework_for_T
extbook_Analysis.
Renny Widia Sari, Iqbal Arpannudin. Telaah muatan nilai multikultural dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
kelas VII
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Setyowati, A. (2022, November 25). Maraknya kasus perundungan dilingkungan sekolah, mari
lakukan pencegahan. Kompas.
https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/25/102907871/maraknya-kasus-perundungandi-lingkungan-sekolah-mari-lakukan-pencegahan?page=all
Yee, T. S. (2018). An analysis of malaysian civics and citizenship textbook through a multicultural
curriculum framework. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 25,
-203. Diunduh dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/acec-18/25905939 .
Zuchdi, D. & Wiwiek, A., (2019). Analaisis konten, etnografi & grounded theory, dan hermeneutika
dalam penelitian. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.