Telaah muatan nilai multikultural dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP kelas VII

Renny Widia Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Iqbal Arpannudinb, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn, (2) menganalisis penjabaran nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks siswa mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan serta yang diterbitkan Erlangga. Pengumpulan data meliputi tahap pembacaan, pengkodean, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Validitas data dalam penelitian ini adalah validitas semantic, sementara reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas dan replkabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, buku teks siswa mata pelajaran PPKn kelas VII yang diterbitkan erlangga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah pluralitas. Sedangkan pada buku teks siswa PPKn kelas VII yang diterbitkan, Erlangga juga memuat 15 ekspresi multikultural dengan ekspresi yang paling banyak muncul adalah toleransi. Kedua, penjabaran nilai multikultural yang paling dominan termuat pada komponen materi pembelajaran, sedangkan refleksi pembelajaran menjadi komponen paling sedikit menjabarkan nilai-nilai multkultural.


Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. A. (2018). Nilai-nilai multikultural dalam buku teks non-bse mata pelajaran IPS untuk

siswa kelas VII, VIII, dan IX terbitan pusat perbukuan. Social Studies, 7(3), 321-340. Diunduh dari

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/12736.

Blum, L. (2014). Three educational values for a multicultural society: Difference recognition, national

cohesion and equality. Journal Of Moral Education, 43(3), 332-344.

DOI:10.1080/03057240.2014.922057.

Errington, A. & Litic, D. B. (2015). Management by textbook: the role of textbooks in developing

critical thinking. Journal of Management Education, 39(6), 774-800. DOI:

1177/1052562915594839.

Fey. (2021, Januari 26). Guru minta nadiem bongkar semua kasus intoleransi di sekolah. CNN

Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210126140126-20-598528/guruminta-nadiem-bongkar-semua-kasus-intoleransi-di-sekolah

Gebregeorgis, M. Y. (2016). Peace values in language texbooks. The case of english for Ethiopia

student textbook. Journal of Peace Education, 1(15), 54-68. DOI:

1080/17400201.2016.1228526.

Marinkovic, S., Eric, M. (2014). The problem of value in a textbook. Elsevier, 128, 72-76. DOI:

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.120.

Okeeffe. L. (2013). A framework for textbook analysis. International Review of Contemporary Learning

Research, 2(1), 1-13. Diunduh dari

https://www.researchgate.net/publication/275214893_A_Framework_for_T

extbook_Analysis.

Renny Widia Sari, Iqbal Arpannudin. Telaah muatan nilai multikultural dalam materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

kelas VII

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Setyowati, A. (2022, November 25). Maraknya kasus perundungan dilingkungan sekolah, mari

lakukan pencegahan. Kompas.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/25/102907871/maraknya-kasus-perundungandi-lingkungan-sekolah-mari-lakukan-pencegahan?page=all

Yee, T. S. (2018). An analysis of malaysian civics and citizenship textbook through a multicultural

curriculum framework. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 25,

-203. Diunduh dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/acec-18/25905939 .

Zuchdi, D. & Wiwiek, A., (2019). Analaisis konten, etnografi & grounded theory, dan hermeneutika

dalam penelitian. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i3.20153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link