Pengaruh Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar PPKn di SMP N 2 Karangmojo
Suharno Suharno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 Karangmojo. Metode peneltian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk one shot case study designs. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP N 2 Karangmojo dengan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 130 responden menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 2 Karangmojo. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan uji data antara media pembelajaran quizizz (X) terhadap minat belajar siswa (Y) yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas.
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit UNDIP.
Hamalik, O. (1994). Media pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Japar, M., Fadhillah, D. N., dan Lakshita, G. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Jakad Publishing.
AGORA: Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan
Joanna Matlan, S., dan Mistima Maat, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alternatif Penilaian
Formatif dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(4), 217–227.
Jumiyati. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 (Pemanfaatan Information Communication and
Technology). Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran,
(2), 159–170.
Matrona. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa dengan Menggunakan Media Visual di Kelas 1
SDN 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Jurnal Edukasi, 14(1), 83–93.
Munira, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jembrana
Kelas Xii Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan
Ekonomi Undiksha, 9(2), 387–397.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., dkk. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2),
–255.
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap
Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–
Sainudin,. Jamaludin,. dan Palimbong, A. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (
PKn ) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat. Jurnal Kreatif Tadulako,
(12), 189–198.
Salsabila, U. H., Habibah, R., Lestari, W. M., dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa
Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1–13.
Simamora, R., dan Saragih, E. M. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 45–52.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020.
Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada media Group.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal
Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v12i2.20145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.