Upaya dan Faktor Penghambat Guru PPKn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMPN 03 Paguyangan
sri hartini, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 03 Paguyangan pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui berbagai hambatannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah Guru PPKn dan siswa kelas IX di SMPN 03 Paguyangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengesahan data menggunakan triangulasi, analisis data dilakukan secara induktif, melalui reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar pada pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu memperjelas tujuan yang ingin dicapai, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan reward, memberikan penilaian, memberikan komentar yang positif, menciptakan persaingan dan kerjasama yang positif. Hambatan Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembbelajaran tatap muka terbatas di Smpn 03 Paguyangan pada masa pandemi Covid-19: keterbatasan waktu yang tersedia, sarana dan prasareana yang kurang memadai, sebagian siswa menyepelekan tugas, sebagian siswa kurang disiplin dalam pelaksanaan tugas kelompok.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.