Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Motivator Kelas VII Pada Pembelajaran Daring DI SMP Negeri 25 Purworejo
suyato suyato, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 25 Purworejo; (2) mendeskripsikan aktulisasi peran guru sebagai motivator pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 25 Purworejo; dan (3) mendeskripsikan faktor yang menghambat guru mengaktualisasikan perannya sebagai motivator pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 25 Purworejo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu Guru PPKN kelas VII, Peserta didik kelas VII dan Wakil Bidang Kurikulum SMP Negeri 25 Purworejo . Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran daring PPKn dibagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) aktualisasi peran guru PPKn sebagai motivator belum dapat dikatakan terkatualisasi secara optimal. (3) Hambatan guru dalam mengaktualisasikan perannya sebagai motivator ketika pembelajaran daring diantaranya guru tidak dapat melihat perkembangan peserta didik secara langsung, sarana dan prasarana yang kurang menunjang pembelajaran daring, kompetensi guru terkait pemahaman peran guru sebagai motivator
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.