IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
Suharno Suharno,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan berbagai strategi yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan mulitkultural melalui kultur sekolah di SMP Negeri 15 Yogyakarta serta faktor pendukung, faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta, dengan subjek kepala sekolah, guru, waka kurikulum, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural melalui kultur seperti adanya penguatan lingkungan pendidikan, kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan terjadwal dan tidak terjadwal. Dalam upaya mengatasi hambatan implementasikan pendidikan multikultural tidak lepas dari keteladanan kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang saling bersinergi dalam menciptakan kultur sekolah yang positif.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan, Multikultural
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.