INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PPKN
Suharno Suharno,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn di MTs Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, (2) faktor pendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PPKn dan pamong asrama. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn di MTs Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dilakukan melalui tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dengan penyusunan RPP. Pada tahap pelaksanaan internaliasi nilai-nilai multikultural melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Tahap evaluasi yakni tahap penilaian dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (2) faktor pendukung internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn diantaranya (a) kondisi peserta didik yang sudah beragam, (b) guru PPKn yang bukan orang Jawa, (c) kondisi lingkungan madrasah, (d) kerjasama madrasah dengan pihak-pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
Kata Kunci: internalisasi nilai multikultural, pembelajaran PPKn
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.