PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH AFEKTIF KELAS X SMA/SMK
suyato suyato,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas untuk Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeagaran kompetensi dasar menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai pancasila kelas X SMA/SMK. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan focus group discussion Instrumen penilaian menggunakan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R & D. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan validitas, reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan dari telaah tim ahli, instrumen berkriteria layak dengan persentase dan hasil telaah guru memiliki kriteria sangat layak dengan persentase 95%. Sedangkan dari hasil uji coba kelompok kecil 34 (61%) pernyataan valid dan 22 (39%) pernyataan belum valid. Setelah instrumen diperbaiki, instrumen digunakan untuk uji lapangan dengan responden 31 peserta didik 98 % pernyataan valid. Dari hasil uji lapangan diperoleh instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas dan telah teruji.
Kata kunci : Instrumen Penilaian Ranah Afektif, Validasi, Reliabilitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.