PERANAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MAN 3 BANTUL

Sekar Ayu Larasati,
Suharno Suharno,

Abstract


ABSTRAK                                                                         

Artikel ini berdasakan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di MAN 3 Bantul serta mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu, semua guru PPKn, kepala sekolah, guru bimbingan konseling, staf kesiswaan, dan beberapa peserta didik.. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian yaitu, peranan guru PPKn dalam memberikan motivasi kepada peserta didik, sebagai korektor, evaluator, dan menjadi teladan bagi peserta didik menggunakan konsep demokratis. Faktor penghambat yang dialami berasal dari dalam dan luar lingkungan sekolah. Faktor pendukung yang dialami yaitu, adanya peraturan yang jelas di sekolah, adanya peran yang dimiliki guru lain dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik, serta sebagian besar peserta didik yang tinggal di pondok pesantren yang dapat membentuk karakter peserta didik sendiri diluar lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Peranan guru PPKn, Karakter disiplin, Peserta didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.