SISTEM AMONG UNTUK PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Putri Nur Anifah,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem among, menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala sistem among dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk penanaman karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini dengan purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data dan penarikan simpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan sistem among dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilakukan dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Faktor pendukung di antaranya sekolah menjalankan sistem among setiap hari, adanya siswa pilihan dari Persatuan Pelajar Tamansiswa, pamong BK dalam membantu mengawasi karakter disiplin siswa di luar pembelajaran, tata tertib sekolah yang mengatur mengenai kedisiplinan siswa. Faktor Penghambat di karakter siswa yang berasal dari keluarga broken home, pengaruh negatif dari teman dan lingkungan sekolah, guru belum semuanya menjiwai pelaksanaan sistem among; dan (3) Upaya yang dilakukan di antaranya meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam strategi penanaman karakter melalui sistem among, mengembangkan sesuai tata tertib, melakukan pembiasaan terhadap siswa, bekerjasama dengan yayasan dan seluruh warga sekolah.

Kata kunci: Penanaman karakter, sistem among, disiplin,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.