PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP EGALITARIAN DI SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan, kendala, dan upaya mengatasi kendala guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara purposive. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan yaitu memberikan nasihat kepada siswa untuk bersikap egalitarian, menanamkan nilai-nilai yang membentuk sikap egalitarian, memberikan keteladanan dalam berperilaku, menyampaikan materi pembelajaran yang membentuk sikap egalitarian dan menilai sikap siswa yang berhubungan dengan sikap egalitarian. Kendala yang muncul berupa pemberian labelling yang dilakukan siswa dan letak kelas yang berjauhan. Upaya mengatasi kendala tersebut yaitu menanamkan nilai kesetaraan dan kerja sama, menyuruh siswa saling berbaur serta memanfaatkan kegiatan istirahat dan salat Duha.
Kata Kunci: Peranan Guru, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Pembentukan Sikap Egalitarian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.