PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SANGGAR ANAK ALAM YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN KRITIS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta metode pembelajaran yang digunakan Sanggar Anak Alam untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yang terdiri dari pembelajar kelas 1 dan 5, fasilitator kelas 1 dan 5, ketua Sanggar Anak Alam dan pendiri Sanggar Anak Alam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi, kemudian di analisis dengan menggunakan langkah-langkah: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Sanggar Anak Alam menerapkan konsep pendidikan kritis di dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pendidikan Kewarganegaraan di Sanggar Anak Alam diterapkan atau ditanamkan melalui metode pembelajaran yang lebih humanis, beragam dan menarik. Hal ini dilakukan agar nilai-nilai Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya menjadi sebatas hafalan semata. Metode pembelajaran yang digunakan Sanggar Anak Alam diantaranya melalui kegiatan bermusik, Mini Trip atau Kunjungan, serta Wiwitan dan Pesta Panen.
Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kritis, Sanggar Anak Alam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.