PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PPKN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA YOGYAKARTA

Imam Rezkiyanto Imam,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pemanfaatan, kendala dan solusi untuk mengatasi kendala internet sebagai sumber belajar pada pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 3 guru PPKn. Lokasi penelitian di SMPN 1, SMPN 5, dan SMPN 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar condong ke bentuk/wujud berupa searching. Alat akses internet yang digunakan oleh peserta didik berupa handphone dan laptop dengan fasilitas wi-fi. Tidak terdapat situs rekomendasi dari guru kepada peserta didik dan situs yang digunakan oleh peserta didik condong kepada situs Wikipedia, Brainly, dan Blogspot. Wujud pengawasan penggunaan internet sebagai sumber belajar adalah berkeliling kelas, pencantuman alamat sumber internet, dan pembatasan penggunaan hanphone. Kendala yang muncul berupa kurang efektifnya pengawasan peserta didik dalam penggunaan internet selama pelajaran dan kendala jaringan wi-fi yang lemah. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah pengecekan kembali router wi-fi dan menerapkan teknik pengawasan kepada peserta didik berupa pembatasan penggunaan perangkat akses internet, pengawasan secara rutin dan berkala, serta pengawasan teman sejawat.

Kata Kunci: Internet, Sumber Belajar, PPKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.