STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN WAWASAN GLOBAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru dalam pengembangan wawasan global, (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi pengembangan wawasan global peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila, dan (3) upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK se- Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, display data, dan pengambilan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan wawasan global peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila dilakukan dengan (1) strategi guru menyisipkan wawasan global ke dalam materi. (2) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan wawasan global berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pertama, sistem teacher center, membuat siswa yang kurang aktif mengikuti pelajaran. Kedua, guru tidak mampu melakukan pengawasan terhadap siswa yang bersifat hedonis dan konsumtif. Ketiga, siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Keempat, guru kurang optimal dan kurangnya wawasan guru mengenai wawasan global. (3) Upaya yang dilakukan guru menghadapi kendala yang muncul, yaitu dengan Pertama, guru melakukan pengawasan ke siswa lebih tegas. Kedua, siswa diberikan kuis atau games. Ketiga, penerapan sanksi bagi siswa yang tidak mengikuti pelajaran, yaitu dengan pemberian tugas. Keempat, guru menambah wawasan dengan membaca artikel mengenai wawasan global.
Kata kunci: Strategi Guru, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Wawasan Global, Pancasila
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.