Peningkatan Minat Siswa Klas X SMPN 1 Prambanan terhadap Seni Tari Dengan Metode Investigasi Kelompok

Fitria Ayu Sintaningsih, Seni Tari UNY, Indonesia
Dr. Sumaryadi, Seni Tari UNY, Indonesia

Abstract


Minat sangat perlu dibangkitkan dalam proses belajar mengajar . Minat adalah sesuatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang lahir dengan penuh kemauannya dan tergantung dari bakat dan lingkungannya (Sujanto, 1991: 92). Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan terus menerus yang disertai dengan rasa senang. Jika ada siswa yang kurang berminat terhadap belajar, maka diusahakan agar ia mempunyai minat yang lebih besar dengan cara menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan cita-cita serta kaitannya dengan bahan pelajaran yang dipelajari (Slameto, 1995: 57). Minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu (Muhibbin, 1999: 136). Sehingga, dari pernyataan para ahli tersebut  dapat disimpulkan bahwa minat sangat perlu dibangkitkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dipahami.


Full Text:

DOCX

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Sinar Baru

______________ . 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdikbud. 1981. Pendidikan Kesenian Seni tari. Jakarta: PT. Rais Utama.

Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kurikulum SMP dan MTS. Jakarta.

Dwitagama, Dedi & Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT Indeks

Juni Priansa, Donni. 2015. Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran.

Alfabeta cv.

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi UNY. 2017. Suplemen

Pedoman TAS/TAKS/TABS. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

____________.1999. Model-model Mengajar. Bandung : CV. Diponegoro

Nawaratri, Yuli. 2015. Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Tari Rampak Karya Untung

Muljono.

Purwanto, Ngalim, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:

PT.Remaja Rosdakarya

¬¬¬¬¬¬¬¬_______________, 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:

PT.Remaja Rosdakarya

Rusman.2010.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning (pembelajaran Kooperatif,

alih bahasa:Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sujanto, 1991: 92 Model-model Kooepratif .Bandung : CV. Diponegoro

Sukarno. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Prinsip – prinsip dasar, konsep

dan implementasinya. Media Perkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.