Peningkatan Minat Siswa Klas X SMPN 1 Prambanan terhadap Seni Tari Dengan Metode Investigasi Kelompok
Dr. Sumaryadi, Seni Tari UNY, Indonesia
Abstract
Minat sangat perlu dibangkitkan dalam proses belajar mengajar . Minat adalah sesuatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang lahir dengan penuh kemauannya dan tergantung dari bakat dan lingkungannya (Sujanto, 1991: 92). Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan terus menerus yang disertai dengan rasa senang. Jika ada siswa yang kurang berminat terhadap belajar, maka diusahakan agar ia mempunyai minat yang lebih besar dengan cara menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan cita-cita serta kaitannya dengan bahan pelajaran yang dipelajari (Slameto, 1995: 57). Minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu (Muhibbin, 1999: 136). Sehingga, dari pernyataan para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa minat sangat perlu dibangkitkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah dipahami.
Full Text:
DOCXReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Sinar Baru
______________ . 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Depdikbud. 1981. Pendidikan Kesenian Seni tari. Jakarta: PT. Rais Utama.
Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kurikulum SMP dan MTS. Jakarta.
Dwitagama, Dedi & Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Indeks
Juni Priansa, Donni. 2015. Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran.
Alfabeta cv.
Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi UNY. 2017. Suplemen
Pedoman TAS/TAKS/TABS. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
____________.1999. Model-model Mengajar. Bandung : CV. Diponegoro
Nawaratri, Yuli. 2015. Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Tari Rampak Karya Untung
Muljono.
Purwanto, Ngalim, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya
¬¬¬¬¬¬¬¬_______________, 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya
Rusman.2010.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning (pembelajaran Kooperatif,
alih bahasa:Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.
Sujanto, 1991: 92 Model-model Kooepratif .Bandung : CV. Diponegoro
Sukarno. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Prinsip – prinsip dasar, konsep
dan implementasinya. Media Perkasa
Refbacks
- There are currently no refbacks.