HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR TARI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR TARI DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Berlian Nursakti Wardhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumaryadi Sumaryadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar tari dengan aktivitas belajar tari di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman sebanyak 132 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar tari dengan aktivitas belajar tari di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,594>0,176) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hal ini dapat diartikan jika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman termotivasi mengikuti kegiatan tari yang diadakan oleh guru maka adanya mampu mendorong kegiatan belajar siswa sehingga terbentuk aktivitas belajar yang tinggi.

Kata kunci: motivasi belajar, aktivitas belajar, dan belajar tari


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.