Pola Pendidikan pada Anak Autis di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta

Marizka Wening Putri,

Abstract


Setiap anak mempunyai keunikan tersendiri, ada yang terlahir dengan kondisi normal
dan ada yang kurang normal salah satunya adalah anak autis. Keberadaan anak autis
yang  masih  sulit  untuk  diterima  masyarakat  karena  perilaku  mereka  yang  berbeda.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  pola  pendidikan  pada  anak  autis.
Penelitian  ini  dilakukan  di  Sekolah  Lanjutan  Autis  Fredofios  Yogyakarta.  Alasan
dipilihnya  sekolah  ini  karena  sekolah  ini  merupakan  satu-satunya  sekolah  khusus
remaja yang menyandang autis. Sekolah ini merupakan sekolah yang bertujuan untuk
mengembangkan  bakat  dan  minat  serta  melatih  kemandirian  siswa.  Peneliti
menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam mengkaji dan mendeskripsikan pola
pendidikan  pada  anak  autis  di  Sekolah  Lanjutan  Autis  Fredofios  Yogyakarta.
Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih
informan  berdasarkan  kriteria  yang  sudah  ditetapkan.  Teknik  pengumpulan  data
dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada
penelitian  ini  diperkuat  dengan  triangulasi  data.  Proses  analisis  data  menggunakan
konsep  analisis  Miles  dan  Huberman  yang  melalui  empat  tahap  penyusunan  yaitu
pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data  dan  penarikan  kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perilaku autis yang muncul pada tiap siswa Sekolah
Lanjutan  Autis  Fredofios berbeda-beda  satu  sama lain.  Perilaku  autis  yang  muncul
pada siswa bermacam-macam, ada anak yang sering memukul kepala, teriak-teriak,
menyendiri,  berbicara  sendiri,  menutup  telinga, menangis  tanpa  sebab,  lompatlompat,  dan  sebagainya.Lembaga  sekolah  akan  membantu  anak  autis  untuk
mengembangkan potensi agar mereka dapat hidup berdampingan dengan lingkungan
masyarakat.Perilaku  autis  ini  yang  akan  diminimalisir  dan  dikurangi  oleh  bantuan
pihak sekolah. Program yang diberikan sekolah yaitu program TEACCH (Treatment
and  Education  of  Autistic  and  related  Communication  Handicapped
Children).Prinsip  sekolah  Fredofios  yaitu  menerima  kelainan  anak  autis  dan  lebih
terfokus  pada  kelebihan  dibandingkan  dengan  kelemahan  anak.  Kegiatan
pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak. Program yang diberikan
oleh sekolah diharapkan dapat menjadikan remaja autis yang mandiri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417