FENOMENA KETERTARIKAN MASYARAKAT TERHADAP BATU AKIK TAHUN 2014-2016 (STUDI DI DESA GENDARAN, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN, JAWA-TIMUR)

Nindya Yustika,

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena trend batu akik yang ada
di  masyarakat  serta  faktor-faktor  yang  melatarbelakangi  masyarakat  tertarik
terhadap batu akik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel
penelitian  menggunakan  teknik  purposive  sampling,  terdiri  dari  pembeli  dan
penjual batu akik. Uji validitas data menggunakan triangulasi, proses analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman
dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  menunjukkan  fenomena  batu  akik  menarik  banyak  perhatian
masyarakat  baik  dari  kalangan  tua,  muda,  wanita  maupun  pria.  Fenomena
ketertarikan  terhadap  batu  akik  ini  ditandai  di  masyarakat  bermunculan
toko/pedagang  yang  melayani  asah  akik  dan  jual  beli  akik, masyarakat  rela
membeli batu akik dengan harga yang tidak murah lagi dan cukup merogoh uang
yang cukup banyak hanya  untuk mendapatkan batu akik  yang mereka inginkan.
Bahkan  di  Pacitan  sendiri  ada  aturan  atau  himbauan  dari  pemerintah  daerah
Pacitan  bahwa  PNS  yang  ada  di  kabupaten  Pacitan  di  wajibkan  untuk  memakai
batu akik sebagai ciri khas dari kota Pacitan itu sendiri serta adanya tokoh yang
pernah  berpengaruh  pada  kala  itu  yaitu  bapak  SBY  memberi  hadiah  untuk
presiden  Barack  Obama  batu  bacan  yang  merupakan  salah  satu  batu  khas  dari
Pacitan,  mulai  sejak  itulah  masyarakat  tertarik  terhadap  batu  akik. Banyak  dari
masyarakat yang bukan penggemar batu, tetapi memiliki ketertarikan atau minat
terhadap  batu  akik  sendiri.  Fenomena  batu  akik  ini  sendiri  memiliki  sisi  positif
untuk  kalangan  masyarakat. Banyak  masyarakat  yang  berpendapat  bahwa  trend
batu akik tidak akan akan mati. Masyarakat tertarik terhadap batu akik ini tidak
lepas  dari  adanya  faktor-faktor  yang  melatarbelakangi,  baik  faktor  internal
maupun  faktor eksternal.  Faktor  Internal:  1)  bagus  untuk  dijadikan  sebagai
perhiasan;  2)  batu  akik  memiliki  nilai  seni;  3)  nilai  jual  batu  akik  tinggi;  4)
dijadikan souvenir. Faktor eksternal: 1) adanya pengaruh dari tokoh yang pernah
berpengaruh; 2) hanya ikut-ikutan; 3) mengikuti trend.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i5.4011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417