FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI MENJADI TUTOR KEJAR PAKET DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SEJAHTERA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi menjadi tutor di
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera. (2) mengetahui faktor yang membuat tutor
kejar paket tetap bertahan menjadi tenaga pendidik di PKBM Sejahtera.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan lokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) Sejahtera Kota Yogyakarta. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive samplingdansnowball sampling, dengan informan guru non-PNS, siswa,pengelola dan
staff Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber.
Teknik analisis data menggunakan pola analisis etnografik yaitu dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor
yang melatarbelakangi menjadi tutor kejar paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
Sejahtera Yogyakarta: 1) keinginan diri sendirisebagai bahan aktualisasi diri, mengembangkan ilmu
pengetahuan tutor, dan telah ikut serta mendirikan PKBM Sejahtera2) tertarik pada dunia pendidikan,
sebagai tempat untuk mengabdi,3) perekrutan oleh pengelolayang dilakukandengan rekomendasi
tutor lain maupun PKBM lain, 4) memiliki Akta IV atau akta mengajar 5) memiliki relevansi ilmu
pengetahuan yang samaantara ijasah S1 dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu, terdapat faktor
yang mempengaruhi tutor tetap bertaha di PKBM Sejahtera dengan gaji yang cukup yaitu: 1) sebagai
bentuk kegiatan sosial untuk memenuhi kebutuhan sosial 2) budaya kekeluargaandan keterbukaandi
PKBM Sejahteraantara tutor, pengelola dan siswa. Mengandalkan sistem musyawarah untuk setiap
pemecahan masalah 3) dipergunakan untuk menambah penghasilan sebagai tambahan untuk
memenuhi kebutuhan ekonomi yaitu sandang, pangan dan papan, 4) memiliki waktu luang yang
cukupdiluarkegiatanbekerja pada pekerjaan pokok.
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera. (2) mengetahui faktor yang membuat tutor
kejar paket tetap bertahan menjadi tenaga pendidik di PKBM Sejahtera.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan lokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) Sejahtera Kota Yogyakarta. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive samplingdansnowball sampling, dengan informan guru non-PNS, siswa,pengelola dan
staff Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber.
Teknik analisis data menggunakan pola analisis etnografik yaitu dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor
yang melatarbelakangi menjadi tutor kejar paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
Sejahtera Yogyakarta: 1) keinginan diri sendirisebagai bahan aktualisasi diri, mengembangkan ilmu
pengetahuan tutor, dan telah ikut serta mendirikan PKBM Sejahtera2) tertarik pada dunia pendidikan,
sebagai tempat untuk mengabdi,3) perekrutan oleh pengelolayang dilakukandengan rekomendasi
tutor lain maupun PKBM lain, 4) memiliki Akta IV atau akta mengajar 5) memiliki relevansi ilmu
pengetahuan yang samaantara ijasah S1 dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu, terdapat faktor
yang mempengaruhi tutor tetap bertaha di PKBM Sejahtera dengan gaji yang cukup yaitu: 1) sebagai
bentuk kegiatan sosial untuk memenuhi kebutuhan sosial 2) budaya kekeluargaandan keterbukaandi
PKBM Sejahteraantara tutor, pengelola dan siswa. Mengandalkan sistem musyawarah untuk setiap
pemecahan masalah 3) dipergunakan untuk menambah penghasilan sebagai tambahan untuk
memenuhi kebutuhan ekonomi yaitu sandang, pangan dan papan, 4) memiliki waktu luang yang
cukupdiluarkegiatanbekerja pada pekerjaan pokok.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i4.3956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417