PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STICK GLORY PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Ervina Wulandari, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Grendi Hendrastomo, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Stick Glory pada pelajaran sosiologi dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Stick Glory dinilai dari aspek materi dan media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE oleh Dick dan Carrey. Pada pelaksanaannya, tahap penelitian dilaksanakan menjadi tiga tahap, yaitu analysis, design, dan development. Media Stick Glory dikembangkan dari barang bekas. Media ini terdiri atas panduan penggunaan media, wadah media, dan stik yang memuat soal berstimulus berjumlah 30. Media ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru sosiologi. Hasil validasi oleh para ahli materi mendapatkan skor dengan kategori sangat layak. Sehingga jika ditinjau dari aspek materi dan media, Stick Glory dapat memenuhi kriteria penilaian dan layak untuk diujicobakan.

Keywords


pengembangan media, kelayakan media, media Stick Glory

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v10i1.17150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417