ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG RADIKALISME DI KAMPUS PADA MEDIA REPUBLIKA
Nur Hidayah, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Berita yang dimunculkan media massa adalah cara untuk menciptakan realitas sesuai dengan tujuan struktur kepemilikan dan ideologi yang dimiliki oleh media tersebut. Kondisi ini dimanfaatkan oleh kepemilikan media massa untuk menciptakan opini publik. Bedasarkan latarbelakang tersebut penulis mencoba mengkaji untuk mengetahui framing yang dilakukan oleh Republika Online terhadap fenomena radikalisme di kampus, dan bagaimana pengaruh struktur kepemilikan dalam Republika terhadap framing yang dilakukannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruksionis. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis berita radikalisme yang digunakan adalah analisis framing model Zongdang Pan dan Geral M. Kosicki. Hasil dari penelitian ini adalah Republika Online moncoba membangun konstruksi citra good news terhadap kampus. Citra ini dibangun lewat framing yang dilakukannya. Framing tersebut adalah bahwa radikalisme dikampus tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Framing tersebut dimulai dari pemilihan skema berita, kelengkapan berita, unsur tematik berita, dan bagaimana wartawan menekankan fakta dalam berita. Citra tersebut dibangun dikarenakan Republika memiliki visi modern, muslim, moderat, kebangsaan, dan kerayatan.
Kata Kunci : Radikalisme, Framing, Konstruksi Realitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i6.12658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417