KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN INKLUSI SMP NEGERI 2 SEWON

Saeful Aji Sucipto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon serta apa saja kendala yang ditemui oleh guru saat melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada kegiatan pendahuluan guru IPS di kelas inklusi melakukan kegiatan mengkondisikan kelas, memberikan salam, melakukan presensi, memberikan pesan atau motivasi; 2) pada kegiatan inti, materi yang digunakan guru IPS di kelas inklusi tidak membedakan antara siswa normal dengan siswa ABK, guru IPS menggunakan metode ceramah dan diskusi, media yang digunakan adalah papan tulis dan power point, guru IPS melakukan evaluasi dengan memberikan soal serta memerintahkan siswa merangkum materi pembelajaran; 3) pada kegiatan akhir guru menyampaikan kesimpulan, memberikan motivasi kepada seluruh siswa, serta memberikan salam penutup. Kendala yang ditemui guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas inklusi: 1) membuat siswa ABK slow learner memahami materi pembelajaran; 2) menyesuaikan metode pembelajaran dengan keterbatasan siswa ABK tuna rungu dan slow learner; 3) menyediakan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi setiap keterbatasan dari siswa ABK.

Kata kunci: Guru, Proses Pembelajaran IPS, Inklusi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com