PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah 1) Belum optimalnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur. 2) Metode pembelajaran yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Division dengan metode Ceramah dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Borobudur.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Pretest- Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
Borobudur. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
dan tes. Uji validitas instrumen dilakukan dengan Expert Judgement kemudian setelah diujicobakan dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Pearson,Ujicoba reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Mann-Withney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur yang menggunakan metode Student Teams Achievement Division dibandingkan dengan menggunakan metode Ceramah. Perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar diuji menggunakan Uji Mann-Withney dan diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,046 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Student Teams Achievement Division dan metode Ceramah pada kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Ceramah, Hasil Belajar, IPS.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________