UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII B SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Siti Raudlatussyifa,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII B melalui penerapan metode simulasi di SMP Negeri 4 Yogyakarta; dan (2) peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII B melalui penerapan metode simulasi di SMP Negeri 4
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kemmis dan Taggart dengan langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen angket dan tes divalidasi dengan expert judgement dan reliabilitas angket dan tes dihitung dengan metode Alpha- Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode simulasi dilaksanakan dengan langkah- langkah sebagai berikut: menentukan topik masalah yang disimulasikan, memberikan gambaran masalah yang disimulasikan, menentukan pemain yang terlibat dalam simulasi, memberikan kesempatan kepada pemain untuk bertanya, melakukan diskusi baik tentang jalannya simulasi maupun materi cerita yang disimulasikan; (2) Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket dan tes menunjukan: a. peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran IPS berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata persentase angket seluruh indikator motivasi siswa pada siklus I sebesar 66,21% menjadi 79,41% pada siklus II; b. peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes setelah tindakan yaitu sebesar 86,11 pada siklus I menjadi 87,20 pada siklus II. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ⥠60, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

 

Kata kunci: Metode Simulasi, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Siswa dalam
Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com