PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU IPS SMP DI KOTA MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui seberapa baik supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru SMP studi IPS di Kota Magelang; 2) Mengetahui seberapa baik Kinerja Guru studi IPS SMP di Kota Magelang;3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru studi 1PS SMP di Kota Magelang
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 60 responden guru IPS dan 17 Kepala Sekolah. Uji coba penelitian ini dilakukan di beberapa SMP di Kabupaten Magelang jumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pelaksanan supervisi akademik kepala sekolah di SMP negeri maupun swasta di Kota Magelang diperoleh hasil dengan rata- rata 53,3%, yang berada dalam kategori baik; 2) Kinerja guru IPS SMP di Kota Magelang ditinjau dari semua indikator masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 41,2 %. 3) Terdapat pengaruh yang positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru IPS SMP di Kota Magelang ditinjau dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,156 atau 15,6%. Artinya varian yang terjadi pada variabel kinerja guru dipengaruhi
oleh supervisi akademik kepala sekolah sebesar 15,6%.
Kata kunci: supervisi akademik kepala sekolah, kinerja guru, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________