POTENSI CANDI SOJIWAN SEBAGAI WUJUD EDUWISATA UNTUK PEMBELAJARAN IPS

Gita Rizky Kamilah Adjie, Yogyakarta State University

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami potensi Candi Sojiwan sebagai wujud eduwisata untuk pembelajaran IPS serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di Candi Sojiwan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Candi Sojiwan memiliki potensi sebagai wujud eduwisata untuk pembelajaran IPS. Besarnya potensi candi dan adanya kesesuaian potensi Candi Sojiwan sebagai wujud eduwisata untuk pembelajaran IPS, dapat memberikan learning experience yang interaktif dan mengesankan. (2) Kegiatan eduwisata di Candi Sojiwan dipengaruhi oleh faktor pendorong: pelayanan pengelola candi yang baik, potensi lingkungan fisik candi, koleksi Museum Arsitektur Candi, dan relevansi Candi Sojiwan dengan materi IPS. Sedangkan faktor penghambatnya: pemahaman guru, kurangnya minat peserta didik, serta alokasi biaya dan waktu.

Kata Kunci : Potensi, Candi Sojiwan, Eduwisata untuk Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com