PENGEMBANGAN FILM KARTUN MATERI DAMPAK AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan film kartun materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam sebagai sumber belajar IPS siswa kelas VII SMP; dan 2) mengetahui kelayakan film kartun dengan materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam sebagai sumber belajar IPS untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS SMP serta tanggapan siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, serta lembar penilaian untuk guru IPS dan siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan Film Kartun sebagai sumber belajar IPS dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: pembuatan karakter, pembuatan sinopsis, pembuatan flowchart, pembuatan storyboard, pembuatan skenario, menentukan pengisi suara, menyusun semua bagian hingga menjadi film kartun; 2) berdasarkan ahli media, ahli materi dan guru IPS film kartun dengan materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam dinyatakan layak sebagai sumber belajar, dinyatakan layak dikarenakan seluruh aspek penilaian memperoleh hasil baik dari ahli materi, ahli media, guru IPS maupun siswa. Film kartun dinyatakan baik pada aspek tampilan dan audio dan layak untuk kelas VII SMP.
References
Listya Natadjaja. 2012. Jurnal Pengaruh Iklan untuk Anak Dibandingkan dengan Film Kartun Televisi terhadap Affektif Anak. Jurnal Nirwana. Vol.4, No.1. Halaman 79.
Micheal M. van Wyk. 2011. The Use of Cartoons as a Teaching Tool to Enchange Student Learning in Economics Education. Jurnal Soc Sci 26 (2): 117-130 (2011). Jurnal University of the Free State Bloem Fontein South Africa. Halaman 118.
Philias, O. Y. 2010. Teaching/Learning Resource and Academic Performance in Matematics in Secondary School in Bondo District of Kenya. Vol. 6, No. 12 ISSN 1911-2007 E-ISSN 1911-2025. Jurnal Asian Social Science. Halaman 126.
Putri, W. T. A. 2012. Penggunaan Media Film Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal UNESA. Halaman 1.
Sadiman, A. S. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanaky. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif: Buku Bacaan Wajib Guru, Dosen, dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode RnD. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2011. Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Widoyoko, E.P. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________