IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI MASYARAKAT KAMPUNG PANCASILA KYAI WARIS KUWARISAN, KUTOWINANGUN, KEBUMEN

Anami Latifah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan masyarakat Kampung Pancasila Kyai Waris dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan partisipan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah partisipan 11 orang. Lokasi penelitian di Kampung Pancasila Kyai Waris desa Kuwarisan, kecamatan Kutowinangun, kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Pancasila di Kampung Pancasila Kyai Waris diimplementasikan melalui kegiatan masyakarat, yaitu: (1) nilai ketuhanan diimplementasikan pada pembukaan doa secara muslim dan nasrani pada kegiatan masyarakat, (2) nilai kemanusiaan diimplementasikan dalam kegiatan bakti sosial di hari raya Paskah dan kegiatan urug-urug asem, (3) nilai persatuan diimplementasikan pada kegiatan perayaan HUT RI dan acara lintas agama seperti unggahan puasa yang serentak dilaksanakan oleh warga muslim dan nasrani di Makam Kyai Waris, (4) nilai kerakyatan diimplementasikan pada kegiatan kerja bakti setiap hari minggu sore, (5) nilai keadilan diimplementasikan pada kesepakatan jumlah iuran dengan menyamaratakan nominal di setiap kegiatan dan membagikan berkatan secara merata dan acak di acara unggahan puasa.


Full Text:

PDF

References


Alfariz, F. (2021). Analisis nilai religiusitas sebagai penguatan toleransi di desa pancasila lamongan jawa timur. Jurnal filsafat Indonesia, 4, 118-123.

Cholisin. (2013). Ilmu kewarganegaraan. Ombak Yogyakarta.

Damanhuri., Hardika, W., Alwan, F., & Rahman, I.N. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Untirta civic education journal, 2(1), 185-198.

Enpur. (5 april 2022). Kampung kemetiran kidul di deklarasikan sebagai kampung Pancasila. Diambil pada tanggal 11 maret 2023, dari https://pringgokusumankel.jogjakota.go.id/detail/index/20396.

Hasanah, S.U., Rubei, M.A., Novianty, F., & Firmansyah, S. (2021). Pembentukan desa pancasila sebagai identitas budaya di desa pasir panjang kecamatan mempawah timur kabupaten mempawah. In prosiding seminar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SNPP), 1, 138-149.

Kemendagri. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No 6 Tahun 2014, Tentang Desa.

Kemendagri. (2015). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan.

Kutnadi. (5 desember 2022). Polisi ungkap kasus pencabulan guru ngaji di Desa Keputon. Diambil pada tanggal 11 maret 2023, dari https://kalbar.antaranews.com/berita/531535/polisi-ungkap-kasus-pencabulan-guru-ngaji-di-desa-keputon.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis (3th ed) . SAGE Publications.

Mustaqim, F. (30 agustus 2022). Bupati Kebumen meresmikan Kampung Pancasila dan layanan mandiri online di pagelaran Kuwarisan festival 2022. Diambil pada tangga 11 maret 2023, dari https://kuwarisan.kec-kutowinangun.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/217.

Musyafa, A. (2020). Nilai-nilai pancasila dalam buku bacaan berjenjang (b3) usaid seri f. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 6(2), 166-178.

Nurafifah, W., & Dewi, D.A. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. De Cive: jurnal penelitian pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 1(4), 1-7.

Rahayu, A.S. (2016). Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn). Bumi Aksara Jakarta.

Risdiany, H., & Dewi, D.A. (2021). Penguatan karakter bangsa sebagai implementasi nilai-nilai pancasila. Jurnal pendidikan indonesia, 2(4), 696-711.

Rizaludin, M.A.W. (2021). Nilai luhur pancasila dalam pendidikan dan kehidupan masyarakat di Indonesia. Paidea: jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesia, 1(4), 110-114.

Rukiyati, dkk. (2008). Pancasila. UNY Press Yogyakarta.

Rukmana, I.S., Samsuri., & Wahidin, D. (2020). Aktualisasi nilai-nilai pancasila sebagai contoh nyata ketahanan ideologi (studi di kampung pancasila, dusun nogosari, desa trirenggo, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta). Jurnal ketahanan nasional, 26(2), 182-203.

Safitri, A.O., & Dewi, D.A. (2021). Pancasila sebagai dasar negara dan implementasinya dalam berbagai bidang. EduPsyCouns: journal of education, psychology and counseling, 3(1), 88-94.

Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Aktualisasi nilai-nilai pancasila sebagai contoh nyata ketahanan ideologi (studi di kampung pancasila, dusun nogosari, desa trirenggo, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta). Jurnal ketahanan nasional, 2, 182-203.

Sari, H.N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M.F., Suri, P.A.A.S., & Nugraha, R.G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai Pancasila pada siswa sekolah. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 2723-2328.

Srijanti., Rahman H.I.A., & Purwanto, SK. (2013). Pendidikan kewarganegaraan untuk mahasiswa. Graha Ilmu Yogyakarta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta Bandung.

Suhartanti, R. (2022). Nilai-nilai budaya majemukan di dusun giriloyo, wukirsari, imogiri, bantul. JIPSINDO, 1, 44-63.

Susanti, A., Izana, N.N., & Yunas, S.N. (2023). Kampung pancasila dan upaya membangun ketahanan ideologi pancasila di era society 5.0 (studi kampung pancasila desa kebonagung, kecamatan ploso, kabupaten jombang). Journal of Civics and Moral Studies, 8(1), 10-20.

Sutrisno, S. (2006). Filsafat dan ideologi pancasila. Andi Yogyakarta.

Syarbaini, S. (2015). Pendidikan pancasila di perguruan tinggi. Ghalia Indonesia.

Widodo, S., Cholifah, N., Ginting, R.B., & Istiyaningsih, R. (2022). Pendidikan nilai-nilai pancasila pada pendidikan luar sekolah studi kasus di kampung pancasila kota semarang. Seminar nasional keindonesiaan (FPIPSKR).

Winarno. (2012). Pendidikan kewarganegaraan. Bumi Aksara Jakarta.

Wulandari, R. (2018)a. Wujud penanaman nilai pancasila pada komunitas “amak-arak” kampung islam kepaon. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 3, 100-107.

Wulandari, T, Widiastuti, A., Nasiwan., et al. (2018)b. Pengembangan model penanaman nilai-nilai Pancasila pada mata kuliah Pendidikan anti korupsi. Laporan penelitian implementasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi.

Arifin, A., Z. Fatika Sari Y., Sudrajat (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92-101.

Ferian, F., & Sudrajat, S. (2022). Virtual learning In Indonesia's first secondary school: to anticipate learning loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2985-2992. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1906

Hastuti, D.; Sudrajat (2022). Gender gap in education and employment in Asia: Indonesia and South Korea compared. Proceedings of the International Conference of Social Science and Education (ICOSSED), 2352-5398. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-55-8_16

Jannah, D., Cahyani, D., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103-118. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Jannah, D., Izzaqi, B., Fadlillah, W., Supardi, S., & Sudrajat, S. (2023). Decreasing the effective communication of the existence of implementing the tradition of Gugur Gunung (Sambatan Gawe Omah) in the community. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 25(2), 293-298. doi:https://doi.org/10.25077/jantro.v25.n2.p293-298.2023

Mashito, D., Aziz, R., & Nur Wahyuni, E. (2023). Developing the student's social care character of Islamic Senior High School. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498

Maulana, W., Aninda, F., Sudrajat, S., & Syafiq, A. (2023). “Osob Kiwalan Ngalaman”: Mengulik penggunaan bahasa slang sebagai identitas lokal masyarakat Malang, Jawa Timur. LITERA, 22(1), 40-53. doi:https://doi.org/10.21831/ltr.v22i1.56310

Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103-117. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.39543

Pramadani, S., Darumurti, F., & Sudrajat, S. (2022). Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2023). Penguatan literasi digital berbasis kearifan lokal. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 129-144. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.64328

Rohmah, P. A., Rahim, A., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123-136. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohmah, P. A., Widiastuti, A., Sudrajat. (2024). Analysis of the Readiness Level of Junior High School Teachers: Implementation of the Merdeka Curriculum in North Ternate City, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 11(12), 12-11. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v11i12.6264

Sa'adah, A., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization of Tolerance Values through The Saparan Tradition: A Study in Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327-345. doi:https://doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654

Sabar, W., Rahim, A., & Hastuti, D. (2022). Gender education in the practice of women's agricultural laborers in Enrekang Regency. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 154-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.51641

Situmorang, B. D. & Sudrajat. (2020). From Where the Authoritarian Parents Come? Examining Parenting Models Within Ethnic Minorities, Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), Atlantis Press, 154-157.https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.032-10.2991/assehr.k.200130.032

Sudarsono, A., Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pendidikan karakter di Smp Negeri 2 Klaten dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(1), 1-23. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Sudrajat (2008). Metode Klarifikasi Dalam Pendidikan Moral. Fishipol Universitas Negeri Yogyakarta

Sudrajat, S. (2014). Mewujudkan Sekolah Unggul. Majalah WUNY XVI Nomor 3, September 2014 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2954

Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S. (2020). Revitalisasi nilai-nilai Budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%p

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., & Wibowo, S. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 168-189. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11697

Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sudrajat. (2008). Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati Dalam Historiografi Babad, ISTORIA 7(1), 90-110 DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v7i1.6306

Sudrajat. (2024). Kearifan lokal budaya Jawa dalam Serat Wedhatama. UNY Press.

Suryanto, A., Saliman, S., & Sudrajat, S. (2023). The Weakness of Character Education in Indonesian Teenagers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3869–3874. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com