Optimalisasi Peran Keluarga dalam Pengembangan 4CAnak Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045
Satriyo Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Antonius Remigius Abi. Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.JIPPK, 2(2), 85-90.
Arnyana, Ida Bagus Putu. 2019. Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4C (communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking) untuk menyongsong era abad 21.Vol 1.
Barat, O. P. (2021). Vera Krisdayanti, Novi Maryani. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 1.
Demaray, M. K., & Malecki, C. K. (2002). The relationship between perceived social support and maladjustment for students at risk. Psychology in the Schools, 39(3), 305–316.
https://doi.org/10.1002/pits.10018
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90.
https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Lestiawati, I Made. 2019. Peran Keluarga dalam Mengembangkan Keterampilan Kreatif Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1 ISBN 978-602-53984-1-4 Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0. hal. 71-80.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Kaulan Karima, Ramdhani. (2017).Peran Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Yang Bermartabat.FITK UIN SU Medan, 1(1).
Prasetyo, F. A. (2018). Pendampingan Anak dalam Proses Belajar Anak. 13.
Rahmawati., Gazali, Muragmi. 2018. Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munzir. 11(2), hal. 162-181.
Santika, I. G. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid19: Sebuah Kajian Literatur. Ilmiah ilmu sosial, 1-4.
Singarimbun, Masri. (2002). Metode penelitian survei. LP3S: Jakarta. Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Zubaidah, Siti. 2018. Mengenal 4C: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Biologi, 11 (2), 90-100.
Wibowo, W. S. (2014). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 dalam. In Seminar Nasional IPA V.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Kemendikbud.2020. Pentingnya Konsep 4C dalam pembelajaran abab 21. https://pauddikmasaceh.kemdikbud.go.id/news/pentingnya-konsep-4c-dalam-pembelajaran-abad-21/index.html (diakses 4 April 2021).
Lety Suharti. 2017. Pembentukan karakter di lingkungan keluarga. http://pkbmdaring.kemdikbud.go.id/suka/content/read/artikel/49/pembentukan-karakter-dilingkungan-keluarga (diakses 4 April 2021).
Yuliani N. S., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, hlm.72; Carol Seefeldt & Barbara A. Wasik, Early Childhood Education, terj. Pius Nasar, Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Indeks, 2008).
Amelia Ajrina, S.Psi. Artikel Peran Orangtua dalam Membangun Critical Thinking Pada Anak. https://klikpsikolog.com/peran-orangtua-dalam-membangun-critical-thinking-pada-anak/ (diakses 4 April 2021).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________