HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA

Ardandy Septya Pratama,

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial Instagram terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP N 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan menggunakan survey. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan judgment experts. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji liniaritas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Rank Spearman.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,033 dengan nilai signifikansi 0,695 > 0,05. Berdasarkan hasil signifikansinya, hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dengan prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 10 Kota Yogyakarta merupakan korelasi negatif. Maka jika semakin tinggi penggunaan media sosial Instagram maka prestasi belajar peserta didik akan menurun, begitupun sebaliknya.

Kata Kunci: Instagram, Prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com