MANAJEMEN KELAS UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP MBS YOGYAKARTA

Nabil Fairuzzabadi, Yogyakarta State University

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan penelitian ini adalah guru IPS SMP MBS dan siswa SMP MBS. Metode pengambilan data pada penelitian ini dengan pengamatan, wawancara, dan penggunaan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru IPS SMP Muhammadiyah Boarding School ialah dengan cara berupaya melakukan fungsi pengendalian dan pengorganisasian. Upaya yang dilakukan oleh guru IPS SMP MBS yakni: (1) berupaya mewujudkan situasi dan kondisi yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan dengan optimal; (2) menghilangkan hambatan-hambatan dalam interaksi pembelajaran; (3) menyediakan dan mengatur fasilitas belajar; (4) membimbing siswa sesuai dengan individunya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com