Hubungan Penggunaan Whatsapp dalam Pembelajaran IPS Terhadap Kedisiplinan Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Vita Taufika Rosida, v, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1).hubungan penggunaan Whatsapp dalam pembelajaran IPS terhadap kedisiplinan belajar; (2).hubungan penggunaan Whatsapp dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pundong. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Negeri 2 Pundong dengan jumlah 538 siswa. Sedangkan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Isaac & Michael dengan hasil 224 siswa. Sampel yang diambil berdasarkan teknik Stratified Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan Pearson’s Product Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1).terdapat hubungan kuat dan signifikan penggunaan Whatsapp dalam pembelajaran IPS terhadap kedisiplinan belajar sebesar 58,2% (rhitung: 0.763 > rtabel: 0,1311 dan r2: 0.582 ); (2).terdapat hubungan kuat dan signifikan penggunaan Whatsapp dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa sebesar 61,9% (rhitung: 0.787 > rtabel: 0.1311 dan r2: 0.619).

Kata kunci: Whatsapp, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Kamila, H. P. (2019, Juli 4). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di Smp Islam Al Wahab Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Volume (7). https://repository.uinjkt.ac.id

Kemenkes. (2021, Agustus 1). Situasi Covid-19 di Indonesia Update 1 Juni 2021.https://covid19.go.id/artikel/2022/06/01/situasi-covid-19-di-indonesia-update-1-juni-2022

LPPM Jatim. (2020, April 3). WhatsApp Paling Diminati untuk Pembelajaran Online.https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id

Riyanto, A. D. (2021, Oktober 10). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021

Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia.com.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supardi. (2015). Dasar - Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suryadi, Edi. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Volume 7, 1-22. DOI 10.30868/ei.v7i01.211.

Rachmitasari, A. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Media Belajar Siswa ( Survei Pada Siswa Kelas XI IPS Tahun Angkatan 2019 – 2020 di SMA PGRI Cicalengka Pada Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media WhatsApp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com