Pengaruh antara Gaya Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Cara Guru Mengajar dengan Aktivitas Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Pundong Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M., & Zuraidah, Z. (2020). Kesiapan,
gaya belajar dan keaktifan siswa pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMPN Bangkinang Kota. Belajea:
Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221-
Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi.
Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chew, S. L., & Cerbin, W. J. (2021). The
cognitive challenges of effective
teaching. The Journal of Economic
Education, 52(1), 17-40.
Halimah, L. (2017). Keterampilan mengajar
sebagai inspirasi untuk menjadi guru
yang excellent di abad ke-21.
Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh model
pembelajaran problem based learning
dan gaya belajar auditorial terhadap
hasil belajar IPS di sekolah
dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar
Indonesia), 3(1), 1-8.
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021).
Pengaruh disiplin belajar dan gaya
belajar terhadap hasil belajar siswa
dalam pembelajaran daring di masa
pandemi covid-19. Prima Magistra:
Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2),225-
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode
ceramah plus diskusi dan tugas untuk
meningkatkan aktivitas belajar
siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic
Primary Education, 1(2).
Megawanti, P. (2020). Persepsi peserta didik
terhadap pjj pada masa pandemi covid
Faktor: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 7(2), 75-82.
Milistetd, M., Ciampolini, V., Mendes, M. S.,
Cortela, C. C., & Nascimento, J. V. D.
(2018). Student-coaches perceptions
about their learning activities in the
university context. Revista Brasileira
de Ciências do Esporte, 40, 281-287.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam
pengelolaan kelas. Profesi pendidikan
dasar, 5(1), 20-27.
Nufus, H. (2021). Meningkatkan kualitas
pembelajaran sejarah materi hasil-hasil
dan nilai kebudayaan masa praaksara
menggunakan model think pare share
melalui pembelajaran classroom pada
semester ganjil tahun pelajaran
/2021. IQTISODINA, 4(1), 43-53.
Oktaviani, O., & Syahrilfuddin, S. (2019).
Analisis keterampilan membuka dan
menutup pelajaran dalam pelaksanaan
pembelajaran matematika SD Negeri
Pekanbaru. Jurnal PAJAR
(Pendidikan dan Pengajaran), 3(1),
-52.
Riyanti, F., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh
gaya belajar, kesiapan belajar melalui
motivasi belajar sebagai variabel
intervening terhadap keaktifan
belajar. Economic Education Analysis
Journal, 7(3), 1083-1099.
Rozi, F., Bali, M. M. E. I., Firdaus, S., Wijaya,
M., Mursyidi, R. A., Haqiki, M. W., &
Abidin, Z. (2020, August). Learning
management; identifying learning
styles of language learners in
madrasah. In Proceedings of the
International Conference on Industrial
Engineering and Operations
Management (Vol. 5, pp. 3783-3790).
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S.
(2019). Pengaruh kompetensi
pedagogik guru dan gaya belajar siswa
terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan
Ilmu Sosial, 28(1), 53-60.
Saliman & Supardi, dkk. (2015).
Pengembangan Media Pembelajaran
IPS Terpadu Berbasis Audiovisual.
JIPSINDO,1(2), 2-4.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jips
indo/article/view/4521/3893
Saliman, & Wibowo, S dkk (2020). Evaluasi
Praktek Pendampingan Best Practice
Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran IPS Di SMP Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa
Tengah. Pros. SemNas. Peningkatan
Mutu Pendidikan, 1(1).
http://publikasi.fkipunsam.org/index.p
hp/semnas2019/article/view/18
Saliman. (2015). Bentuk-bentuk kenakalan
siswa SMP di Yogyakarta. JIPSINDO,
(2), 179-201.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jips
indo/article/view/7781
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S.
(2021). Pengaruh konsep diri dan
reward terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan
kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP
UNMA, 7(3), 1046-1053.
Saringah, S., & Dewi, S. (2020). Analisis gaya
belajar peserta didik kelas V Sekolah
Dasar. Journal of Basic Education
Research, 1(3), 77-82.
Setiyawati, Y. (2018). Pengaruh kemampuan
manajerial kepala sekolah dan
supervisi akademik pengawas terhadap
kinerja mengajar guru (studi pada
SMAN Se-Kota Banjar). Jurnal
Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan
Akuntansi), 4(3).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian
pendidikan: pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Supardi. (2011) Dasar-Dasar Ilmu Sosial.
Yogyakarta: Ombak.
Supardi & Widiastuti, A. (2014). Pemanfaatan
laboratorium IPS SMP, JIPSINDO,
(2), 141-160.
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.
Vhalery, R., Hartono, D., & Leksono, A. W.
(2019). Kontribusi gaya belajar pada
aktivitas belajar matematika
ekonomi. Jurnal Pendidikan
Ekonomi, 12(2), 78-86.
Wibowo, S & Wulandari, T dkk. (2014).
Persepsi Mahasiswa Pendidikan IPS
Terhadap Mitigasi Bencana Gempa
Bumi. JIPSINDO, 1(2), 166.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jips
indo/article/view/2887/2411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________