Pengaruh antara Gaya Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Cara Guru Mengajar dengan Aktivitas Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Pundong Pada Masa Pandemi Covid-19

Alifa Vega Saputra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh antara gaya belajar dengan aktivitasbelajar IPS. (2) pengaruh antara persepsi siswa terhadap cara guru mengajar dengan aktivitas belajarIPS. (3) pengaruh antara gaya belajar dan persepsi siswa terhadap cara guru mengajar dengan aktivitasbelajar IPS siswa SMP N 1 Pundong. Jenis penelitian ini yaitu ex postfacto.Populasi dalam penelitianini yaitu seluruh siswa SMP N 1 Pundong yang berjumlah 646 siswa. Sampel berjumlah 87 siswaberdasarkan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya belajar,persepsi siswa terhadap cara guru mengajar, dan aktivitas belajar IPSyaitu angket. Teknik analisis datamenggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yangsignifikan antara gaya belajar dengan aktivitas belajar IPS siswa SMP N 1 Pundong, dengan nilaisignifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa terhadap cara gurumengajar dengan aktivitas belajar IPS Siswa SMP N 1 Pundong, dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan persepsi siswa terhadap cara gurumengajar dengan aktivitas belajar IPS siswa SMP N 1 Pundong, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.Kata kunci: gaya belajar, persepsi siswa terhadap cara guru mengajar, aktivitas belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., & Zuraidah, Z. (2020). Kesiapan,

gaya belajar dan keaktifan siswa pada

pembelajaran Pendidikan Agama Islam

di SMPN Bangkinang Kota. Belajea:

Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221-

Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi.

Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chew, S. L., & Cerbin, W. J. (2021). The

cognitive challenges of effective

teaching. The Journal of Economic

Education, 52(1), 17-40.

Halimah, L. (2017). Keterampilan mengajar

sebagai inspirasi untuk menjadi guru

yang excellent di abad ke-21.

Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh model

pembelajaran problem based learning

dan gaya belajar auditorial terhadap

hasil belajar IPS di sekolah

dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar

Indonesia), 3(1), 1-8.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021).

Pengaruh disiplin belajar dan gaya

belajar terhadap hasil belajar siswa

dalam pembelajaran daring di masa

pandemi covid-19. Prima Magistra:

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2),225-

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode

ceramah plus diskusi dan tugas untuk

meningkatkan aktivitas belajar

siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic

Primary Education, 1(2).

Megawanti, P. (2020). Persepsi peserta didik

terhadap pjj pada masa pandemi covid

Faktor: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 7(2), 75-82.

Milistetd, M., Ciampolini, V., Mendes, M. S.,

Cortela, C. C., & Nascimento, J. V. D.

(2018). Student-coaches perceptions

about their learning activities in the

university context. Revista Brasileira

de Ciências do Esporte, 40, 281-287.

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam

pengelolaan kelas. Profesi pendidikan

dasar, 5(1), 20-27.

Nufus, H. (2021). Meningkatkan kualitas

pembelajaran sejarah materi hasil-hasil

dan nilai kebudayaan masa praaksara

menggunakan model think pare share

melalui pembelajaran classroom pada

semester ganjil tahun pelajaran

/2021. IQTISODINA, 4(1), 43-53.

Oktaviani, O., & Syahrilfuddin, S. (2019).

Analisis keterampilan membuka dan

menutup pelajaran dalam pelaksanaan

pembelajaran matematika SD Negeri

Pekanbaru. Jurnal PAJAR

(Pendidikan dan Pengajaran), 3(1),

-52.

Riyanti, F., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh

gaya belajar, kesiapan belajar melalui

motivasi belajar sebagai variabel

intervening terhadap keaktifan

belajar. Economic Education Analysis

Journal, 7(3), 1083-1099.

Rozi, F., Bali, M. M. E. I., Firdaus, S., Wijaya,

M., Mursyidi, R. A., Haqiki, M. W., &

Abidin, Z. (2020, August). Learning

management; identifying learning

styles of language learners in

madrasah. In Proceedings of the

International Conference on Industrial

Engineering and Operations

Management (Vol. 5, pp. 3783-3790).

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S.

(2019). Pengaruh kompetensi

pedagogik guru dan gaya belajar siswa

terhadap prestasi belajar siswa pada

mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan

Ilmu Sosial, 28(1), 53-60.

Saliman & Supardi, dkk. (2015).

Pengembangan Media Pembelajaran

IPS Terpadu Berbasis Audiovisual.

JIPSINDO,1(2), 2-4.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jips

indo/article/view/4521/3893

Saliman, & Wibowo, S dkk (2020). Evaluasi

Praktek Pendampingan Best Practice

Untuk Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran IPS Di SMP Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa

Tengah. Pros. SemNas. Peningkatan

Mutu Pendidikan, 1(1).

http://publikasi.fkipunsam.org/index.p

hp/semnas2019/article/view/18

Saliman. (2015). Bentuk-bentuk kenakalan

siswa SMP di Yogyakarta. JIPSINDO,

(2), 179-201.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jips

indo/article/view/7781

Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S.

(2021). Pengaruh konsep diri dan

reward terhadap prestasi belajar siswa

pada mata pelajaran pendidikan

kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP

UNMA, 7(3), 1046-1053.

Saringah, S., & Dewi, S. (2020). Analisis gaya

belajar peserta didik kelas V Sekolah

Dasar. Journal of Basic Education

Research, 1(3), 77-82.

Setiyawati, Y. (2018). Pengaruh kemampuan

manajerial kepala sekolah dan

supervisi akademik pengawas terhadap

kinerja mengajar guru (studi pada

SMAN Se-Kota Banjar). Jurnal

Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan

Akuntansi), 4(3).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian

pendidikan: pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Supardi. (2011) Dasar-Dasar Ilmu Sosial.

Yogyakarta: Ombak.

Supardi & Widiastuti, A. (2014). Pemanfaatan

laboratorium IPS SMP, JIPSINDO,

(2), 141-160.

https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.

Vhalery, R., Hartono, D., & Leksono, A. W.

(2019). Kontribusi gaya belajar pada

aktivitas belajar matematika

ekonomi. Jurnal Pendidikan

Ekonomi, 12(2), 78-86.

Wibowo, S & Wulandari, T dkk. (2014).

Persepsi Mahasiswa Pendidikan IPS

Terhadap Mitigasi Bencana Gempa

Bumi. JIPSINDO, 1(2), 166.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jips

indo/article/view/2887/2411


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com