KETAHANAN KELUARGA MASYARAKAT KAMPUNG KB DESA CANDISARI, KECAMATAN BANYUURIP, KABUPATEN PURWOREJO

Indhita Subchaningrum,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:1)  tahap  pengembangan  multimedia interaktif materi mobilitas sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP; 2) kelayakan multimedia interaktif materi mobilitas sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah ahli materi yang merupakan dosen Pendidikan IPS UNY, ahli media yang merupakan dosen Pendidikan IPS UNY, 3 guru IPS SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, serta 44  siswa  kelas  VIII  SMP  Negeri  1  Prambanan  Klaten.  Teknik  pengumpulan  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  berupa  angket.  Validasi  dilakukan  oleh  ahli  materi,  ahli media  dan  3  guru  IPS.  Uji  coba  kelayakan  produk  dilakukan  oleh  44  siswa.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru,  dan  lembar  angket  penilaian  untuk  siswa.  Teknik  analisis  data  dilakukan  secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) tahap pengembangan multimedia interaktif materi mobilitas  sosial  sebagai  sumber  belajar  IPS  kelas  VIII  SMP  meliputi,  pengumpulan informasi,  perencanaan,  pengembangan  produk,  evaluasi  produk,  serta  diseminasi  dan sosialisasi;  2)  kelayakan  multimedia  interaktif  materi  mobilitas  sosial  kelas  VIII  SMP diperoleh berdasarkan a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3,95 atau kategori “Baik”, b) validasi ahli media dengan skor 3,8 atau kategori “Baik”, c) validasi guru IPS dengan skor 4,46 atau kategori “Sangat Baik”, d) tanggapan siswa pada uji coba perorangan dengan skor rata-rata 4,5 atau kategori “Sangat Baik”, e) tanggapan siswa pada uji coba terbatas dengan skor rata-rata 4,6 atau kategori “Sangat Baik”, f) uji coba lapangan utama dengan rata-rata  skor  4,5  atau  kategori  “Sangat  Baik”.  Berdasarkan  hasil  tersebut,  dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi mobliitas sosial kelas VIII SMP sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.  


Full Text:

PDF

References


Sudrajat. 2008. Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati dalam Historiografi Babad, Istoria, 3 (2), 18-35.

Sudrajat. 2014. Pendidikan Multikultural Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, JIPSINDO 1 (2014), 1-19.

Sudrajat. 2011. Metode VCT dalam Mata Kuliah Sejarah Lokal, Socia 10 (1), 24-35.

Sudrajat, Wijayanti, & Nasiwan. 2017. PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA, Konferensi Guru Indonesia, IKA UNY 1 (1), 186-205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com