KETAHANAN KELUARGA MASYARAKAT KAMPUNG KB DESA CANDISARI, KECAMATAN BANYUURIP, KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) tahap pengembangan multimedia interaktif materi mobilitas sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP; 2) kelayakan multimedia interaktif materi mobilitas sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah ahli materi yang merupakan dosen Pendidikan IPS UNY, ahli media yang merupakan dosen Pendidikan IPS UNY, 3 guru IPS SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, serta 44 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan 3 guru IPS. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh 44 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) tahap pengembangan multimedia interaktif materi mobilitas sosial sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP meliputi, pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, evaluasi produk, serta diseminasi dan sosialisasi; 2) kelayakan multimedia interaktif materi mobilitas sosial kelas VIII SMP diperoleh berdasarkan a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3,95 atau kategori “Baik”, b) validasi ahli media dengan skor 3,8 atau kategori “Baik”, c) validasi guru IPS dengan skor 4,46 atau kategori “Sangat Baik”, d) tanggapan siswa pada uji coba perorangan dengan skor rata-rata 4,5 atau kategori “Sangat Baik”, e) tanggapan siswa pada uji coba terbatas dengan skor rata-rata 4,6 atau kategori “Sangat Baik”, f) uji coba lapangan utama dengan rata-rata skor 4,5 atau kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi mobliitas sosial kelas VIII SMP sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Full Text:
PDFReferences
Sudrajat. 2008. Kisah Adipati Jayakusuma-Panembahan Senopati dalam Historiografi Babad, Istoria, 3 (2), 18-35.
Sudrajat. 2014. Pendidikan Multikultural Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, JIPSINDO 1 (2014), 1-19.
Sudrajat. 2011. Metode VCT dalam Mata Kuliah Sejarah Lokal, Socia 10 (1), 24-35.
Sudrajat, Wijayanti, & Nasiwan. 2017. PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA, Konferensi Guru Indonesia, IKA UNY 1 (1), 186-205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________