IDENTIFIKASI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA

Bekti Chandra Sari,
Nasiwan Nasiwan,

Abstract


ABSTRAK

Pembentukan  karakter  merupakan  salah  satu  kewajiban  pihak  sekolah.Pembentukan  karakter di  sekolah  sudah  diatur  dalam  Perpres  tahun  2017  nomor  87  pasal  3.Berdasarkan  Perpres  di  atas, semua sekolah SMP dan SMA di Kota Yogyakarta sudah menerapkan pendidikan karakter.Melihat hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter peserta didik yang ada di SMP PIRI 1 Yogyakarta.                    Penelitian dilakukan  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  jenis  penelitian  deskriptif.Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  angket  dan  dokumentasi.Subjek  dalam  penelitian  adalah peserta didik SMP PIRI 1 Yogyakarta yang ditentukan melalui teknik simple random sampling.Teknik analisis  data  penelitian  menggunakan  sistem  analisis  deskriptif  kuantitatif  yang  dijabarkan  dalam bentuk  persentase.Setelah  menghitung  persentase,  dilakukan  penentuan  kategori  identifikasi  karakter peserta didik di SMP PIRI 1 Yogyakarta.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter mereka selama berada di SMP PIRI 1 Yogyakarta, sebanyak 16,4%  termasuk  dalam  kategori  “Sangat  Rendah”,  sebanyak  19,2%  termasuk  dalam  kategori “Rendah”,  sebanyak  42,3%  termasuk  dalam  kategori  “Sedang”,  sebanyak  14,2%  termasuk  dalam kategori  “Tinggi”, dan sebanyak 7,88% termasuk dalam  kategori  “Sangat Tinggi”. Berdasarkan  hasil tersebut,  dapat  diidentifikasikan  bahwa  karakter  peserta  didik  utamanya  dalam  pembelajaran  IPS  di SMP PIRI 1 Yogyakarta memiliki nilai rata-rata sebesar 2,373 atau termasuk dalam kategori “sedang”. 

Kata kunci: Identifikasi, Karakter, Pembelajaran IPS 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com