IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR 1 YOGYAKRTA

Cecilia erika Pawestri,
Nasiwan Nasiwan,

Abstract


Abstrack

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  implementasi  pendidikan  humanis  dalam pembelajaran  IPS  di  SMP  Pangudi  Luhur  1  Yogyakarta;  2)  faktor  pendukung  dan  penghambat implementasi  pendidikan  humanis  dalam  pembelajaran  IPS  di  SMP  Pangudi  Luhur  1  Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta pada bulan Maret-Juli 2018. Subjek penelitian ini adalah,  guru  IPS  kelas  VIII,  kepala  sekolah,  dan  peserta  didik.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi  yang  dilengkapi  dengan  instrumen  penelitian berupa  pedoman  observasi,  pedoman  wawancara,  dan pedoman  dokumentasi.  Teknik  keabsahan  data menggunakan  triangulasi  teknik,  sedangkan  analisis  data  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan kesimpulan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  Implementasi  pendidikan  humanis  dalam pembelajaran  IPS  di  SMP  Pangudi  Luhur  1  Yogyakarta  meliputi  perencanaan,  pelaksanaan,  dan evaluasi  pembelajaran.  a)  Perencanaan  pembelajaran  IPS  menunjukkan  pengintegrasian  nilai-nilai humanis,  dapat  dilihat  dari  metode  dan  evaluasi  pembelajaran.  Metode  pembelajaran  yang dikembangkan sudah bervariasi dan bersifat  cooperative learning, sehingga menjadikan peserta didik lebih  aktif  dan  dapat  mengembangkan  potensinya.  Evaluasi  pembelajaran  yang  humanis  adalah evaluasi  yang  mencakup  tiga  aspek,  yaitu  kognitif,  afektif,  dan  psikomotorik.  b)  Pelaksanaan pembelajaran  IPS  menjadikan  peserta  didik  sebagai  pusat  pembelajaran,  adanya  kebebasan  dalam pembelajaran,  pembelajaran  dengan  kasih  sayang,  komunikasi  yang  baik  antara  guru  dengan  peserta didik,  dan  penanaman  nilai  humanis  kepada  peserta  didik.  c)  Evaluasi  pembelajaran  yang  dilakukan oleh  guru  IPS  sudah  mencakup  ketiga  aspek  yaitu  kognitif,  afektif,  dan  psikomotorik.  2)  Faktor pendukung  dan  penghambat  implementasi  pendidikan  humanis  dalam  pembelajaran  IPS  meliputi  a) faktor  pendukung:  adanya  visi  dan  misi  sekolah,  sepuluh  nilai  keutamaan  Pangudi  Luhur,  kegiatan “Jumat  Berbagi”,  dan  lingkungan  sekolah  menunjukkan  nilai-nilai  humanis.  b)  faktor  penghambat: perkembangan gadget dan terbatasnya waktu pembelajaran.  Kata kunci : pendidikan humanis, pembelajaran IPS, SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakata  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com