PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS YAPI PAKEM SLEMAN
Saliman Saliman,
Abstract
Abstrack
Pergaulan teman sebaya merupakan faktor yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem.. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental yaitu penelitian expost facto. Populasi dari penelitian yakni siswa kelas VIII MTs YAPI Pakem, yakni berjumlah 63 siswa. Data tentang variabel pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar diambil dengan instrument angket. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji linearitas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pergaulan teman sebaya yang berkategori sangat baik sebesar 23,70%, kategori baik sebesar 74,30%, kategori cukup sebesar 2%, dan tidak ada siswa berkategori kurang atau sebesar 0%. Motivasi belajar IPS yang berkategori sangat baik sebesar 28%, kategori baik sebesar 70%, kategori cukup sebesar 2%, dan tidak ada siswa berkategori kurang sebesar 0%. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem dengan diperoleh 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,340 > 0,248). Nilai Sig 0,006 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 2.825. Apabila dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2.000 pada taraf signifikansi 5% maka nilai thitung > ttabel. Hasil dari uji signifikansi menggunakan uji t menunjukkan jika hipotesis diterima seingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar.
Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________