MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP NEGERI 3 DEPOK TAHUN 2018

Puput Wiji Astuti,
Nasiwan Nasiwan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Depok dalam pembelajaran IPS, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok dalam pembelajaran IPS dan (3) upaya guru IPS menigkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi berupa data nilai siswa, RPP (Rencana Perencanaan Pembelajaran) dan foto pembelajaran IPS. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok dalam pembelajaran IPS terdiri dari dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS belum memiliki motivasi intrinsik secara maksimal sedangkan motivasi ekstrinsik yang dimiliki oleh siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS yaitu adanya pemberian nilai untuk tugas, ulangan harian, ulangan semester dan reward. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok dalam pembelajaran IPS antara lain metode yang digunakan oleh guru, lingkungan pertemanan di sekolah, kondisi individu, kemampuan siswa dan perhatian siswa dalam belajar IPS. (3) Upaya guru IPS meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok dalam pembelajaran IPS antara lain pemberian point atau nilai bagi siswa yang aktif di kelas, hadiah untuk siswa yang memperoleh nilai tertinggi di kelas; pemberian ulangan dan tugas; memberitahu hasil; pemberian pujian kepada siswa yang aktif; pemberian hukuman berupa point dan memberikan sentuhan yang lembut.

Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com