TINGKAT PEMAHAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FIS UNY
Nasiwan Nasiwan,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai-nilai demokrasi pada
mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman nilai-nilai demokrasi pada mahasiswa Pendidikan IPS. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2015 yang berjumlah 79 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman nilai-nilai demokrasi pada mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY adalah 54,4% termasuk ke dalam kategori sangat baik, 45,6% dalam kategori baik, dan 0% untuk kategori cukup dan kurang. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka tingkat pemahaman nilai-nilai demokrasi pada mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY tidak ada yang termasuk ke dalam kategori cukup dan kurang.
Kata Kunci: tingkat pemahaman, nilai-nilai demokrasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________