HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PURWOREJO
Suparmini Suparmini,
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengakses
media sosial dengan keterampilan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 192 siswa. Besarnya sampel penelitian sebanyak 126 siswa ditentukan menggunakan tabel dari Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisis korelasi Product Moment dari Pearson. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara intensitas mengakses media sosial dengan keterampilan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar -0,472, nilai p sebesar 0,000, nilai rtabel sebesar 0,176 pada taraf siginifikan 5% dan Fhitung sebesar 35,610. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi intensitas mengakses media sosial maka akan semakin rendah keterampilan sosial siswa. Sehingga siswa diharapkan dapat mengontrol frekuensi dan durasi ketika mengakses media sosial.
Kata kunci: Intensitas Mengakses Media Sosial, Keterampilan Sosial Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________