Efektivitas Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Aspek Sikap pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Sedayu Tahun Ajaran 2015/ 2016
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat keefektifan perencanaan penilaian aspek sikap pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Sedayu; (2) Tingkat keefektifan pelaksanaan penilaian aspek sikap pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Sedayu; (3) Tingkat keefektifan perencanaan penilaian aspek sikap pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Sedayu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model (Evaluasi Model Stake). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-25 Maret 2017 di SMK 1 Sedayu. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran SMK bidang keahlian teknologi dan rekayasa kelompok peminatan C3 TGB.Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan konversi skor.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan penilaian hasil belajar aspek sikap telah mencapai predikat efektif dengan skor 3,5 dan perolehan persentase ketercapaian rerata 87,50%. Komponen yang belum terlaksana dengan baik pada aspek perencanaan yaitu rumusan indikator pencapaian sikap. (2) Pelaksanaan penilaian hasil belajar aspek sikap telah mencapai predikat cukup dengan skor 1,97 dan perolehan persentase ketercapaian rerata 49,33%. Komponen yang belum terlaksana dengan baik pada aspek pelaksanaan yaitu menginformasikan sistem penilaian. (3) Pelaporan dan tindaklanjut penilaian hasil belajar aspek sikap telah mencapai predikat cukup dengan skor 2,39 dan perolehan persentase ketercapaian rerata 59,75%. Komponen yang belum terlaksana dengan baik pada aspek pelaporan dan tindaklanjut penilaian yaitu tindaklanjut penilaian.Full Text:
PDFReferences
A Manap (2009). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 18 No 2: 273-300. http://journal. uny. ac. id/index. php/jpep. Diunduh pada pukul 11.39 WIB, 14 September 2017
Djemari Mardapi (2011). Penilaian Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press
Eko Putro Widoyoko (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Ela Purwanti (2014). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Ekonomi Sesuai Dengan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta
Farida Yusuf Tayibnapis (2000). Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Kaluge, L. , Setiasih, & Tjahjono, H (2004). The Quality Improvement of Primary Children Learning Through a School-Based Programme in Indonesia. A Research Paper. East Java: Universitas Surabaya
Kemendikbud. Permendikbud No 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. http://akhmadsudrajat. files. wordpress. com. Diunduh pada pukul 14.13 WIB, 09 Maret 2015
Kemendikbud. Permendikbud No 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. http://akhmadsudrajat. files. wordpress. com. Diunduh pada pukul 10.02 WIB, 23 Mei 2016
Lexy J. Moleong (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mei Linda (2013). Proses Penilaian Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Piyungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta
Mei Mopili (2012). Efektivitas Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo
Moh.Sholeh Hamid (2011). Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Munadhifah, dkk (2012). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Walisongo Semarang
Nana Sudjana (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana Syaodih Sukmandinata (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik (2004). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Paryanto & Sudiyatno. Implementasi Model Assessment For Learning (AFL) pada Pembelajaran Proses Pemesinan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 20 No 1: 43-66. http://journal. uny. ac. id/index. php/jpep. Diunduh pada pukul 15.45 WIB, 14 September 2017
Prihastuti Ekawatiningsih (2008). Penerapan Metode Penilaian Portofolio (Portfolios Based Assessment) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Restoran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 17 No 2: 257-279. http://journal. uny. ac. id/index. php/jpep. Diunduh pada pukul 13.00 WIB, 14 September 2017
Rully.I,& Poppy. Y (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Reflika Adika
Stake, Robert and April Munson (2008). Qualitative Assassment of Arts Education. Heldref Publications
Suharsimi Arikunto (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Suharmisi Arikunto & Cepi Safruddin AJ (2004). Evaluasi Program Pendidikan, Panduan Teoritis, Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Umi Hasanah (2014). Analisis Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Biologi Kelas X Semester Genap 2013/ 2014 di SMAN Kota Blitar. Jurnal .Universitas Negeri Malang
Widoyoko, S. E. P (2007). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran IPS SMP. Yogyakarta : PPS UNY
Wirawan (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zulkifli Matondang (2009). Evaluasi Pembelajaran.Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.