Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad pada mata pelajaran mdpl teknik gambar bangunan kelas xi smk negeri 3 yogyakarta
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial untuk mata pelajaran MDPL kompetensi Teknik Gambar Bangunan kelas XI di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan pengguna
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2017 di Laboratorium komputer SMK Negeri 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan Instrumen penilaian kelayakan media. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pengembangan media pembelajaran mengacu pada pengembangan 4D Thiagarajan meliputi (1) tahap pendefinisian dengan melakukan wawancara dan observasi, menghasilkan konsep pembelajaran menggunakan media pembelajaran video tutorial AutoCAD dengan evaluasi dan tugas praktek untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam indikator yang akan dicapai, (2) tahap perancangan dengan penyusunan tes acuan patokan berupa instrumen penilaian kelayakan media, pemilihan media yang mendukung meliputi hardware dan software, merancang isi yaitu perintah edit pada AutoCAD, pemilihan strategi dan sumber belajar menggunaka media pembelajaran (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi masuk dalam kategori sangat layak dengan nilai sebesar 85.94, oleh ahli media masuk dalam kategori layak dengan nilai sebesar 75, oleh pengguna masuk dalam kategori layak dengan nilai rata-rata sebesar 84, (4) tahap penyebaran media dilakukan kepada guru mata pelajaran MDPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta.Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Anindita Agustina. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis di SMK Negeri 1 Pengasih. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY
Arief S. Sadiman . dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arsyad Azhar. (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Cheppy Riyana (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Dewi Salma Prawiradilaga & Eveline Siregar. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Erri Soesanto (2015). Pengertian dan Tutorial Instalasi Software Camtasia Studio. Diakses dari http://idkaboutaddress.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-dan-tutorial-instalasi.html?m=1. pada tanggal 15 Agustus 2017, jam 06.40 WIB.
Erwan Sutarno dan Mukhidin (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 21, No 3. Halaman 216
Fajar Romadon.(2015). Penerapan Video Pembelajaran CAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menggambar Dua Dimensi. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY
Fitri Muslimah.(2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK N 1 Sewon”. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY
Ilham Baharuddin. (2014) Efektifitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika terhadap minta dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Bejo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 2 Nomor 2. Halaman 248
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2013) Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Masriam Bukit (2014). Strategi dan Inovasi pendidikan kejuruan. Bandung: AlfaBeta
Moh. Suardi. (2015), Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 8. Nomor1. Halaman 19-35
Oemar Hamalik. (2003), Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Oemar Hamalik. (1990). Metode Belajar dan kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung:Tarsito
Rayandra Asyhar. (2012), Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Rifa’I RC, Achmad dan Chatariana Tri Anni. (2009) Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Romi Satria Wahono. (2006). Apek dan Kriteria Penilaian Media
Pembelajaran. Diakses melalui http://romisatriawahono.net pada 03 Mei 2017, jam 23:04 PM
Rudi Susiliana, Cepi Riyana (2009) Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
R. Ibrahim, Nana Syaodih. (1996), Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rinka Cipta
Suardi, M. (2015), Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish
Sholeh, M. (2012), Belajar Otodidak Autocad 2D & 3D. Bandung: informatika.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugihartono, dkk. (2007), Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cikta
Sukoco, dkk (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didi Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 22, No 2. Halaman 225
Suyitno (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan . Volume 23, No 1. Halaman 109
Thiagarajan, Sivasailam; et al (1975). Instructional Development for Training Teacher Exceptional Children . Washington, D.C .
Wardiman Djojonegoro. (1998), Pengembangan Sumberdaya Manusia melalui SMK. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset.
Wahana Komputer. (2002), Menguasai AutoCAD 2002. Jakarta: Salemba Infotek
Yudhi Munadhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Grup.
Zainal Arifin dan Adhi Setiyawan. (2012) Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Kreatif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.