Peranan Pemebelajaran Sistem Blok Dan Kelengkapan Sarana Praktek Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Praktek Kerja Bengkel Di Program Keahlian Bangunan SMK Negeri 1 Magelang

Aziz Nirwanto, , Indonesia
Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran sistem blok; (2) kelengkapan sarana praktek; dan (3) minat belajar siswa mata pelajaran praktek kerja bengkel. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian siswa kelas X paket keahlian bangunan sebanyak 116 siswa. Sampel pada penelitian 92 siswa menggunakan tabel sampel Krejcie dan Morgan. Instrumen penelitian berbentuk angket. Teknik analisi menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sumbangan efektif pembelajaran sistem blok dan kelengkapan sarana praktek secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa mata pelajaran praktek kerja bengkel di jurusan bangunan SMK Negeri 1 Magelang 49,80%, sedangkan 50,20% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Peranan pembelajaran sistem blok di jurusan bangunan bangunan SMK Negeri 1 Magelang tinggi dengan rerata 45,84, kecenderungan pembelajaran sistem blok kategori sangat tinggi 29,35%, kategori tinggi 25%, kategori rendah 40,22%, dan katori sangat rendah 5,43%. (3) Peranan Kelengkapan sarana praktek di jurusan bangunan SMK Negeri 1 Magelang tinggi dengan rerata 40,91, kecenderungan kelengkapan sarana praktek kategori sangat tinggi 36,96%, kategori tinggi 30,43%, kategori rendah 25%, dan kategori sangat rendah 7,61%. (4) Minat siswa pada mata pelajaran praktek kerja bengkel tinggi dengan rerata 63,45, kecenderungan minat belajar siswa mata pelajaran praktek kerja bengkel kategori sangat tinggi 15,22%, kategori tinggi 44,57%, kategori rendah 36,96%, dan kategori sangat rendah 3,26%. (5) Peranan positif dan signifikan peranan pembelajaran sistem blok dan kelengkapan sarana praktek terhadap minat belajar siswa mata pelajaran praktek kerja bengkel di jurusan SMK Negeri 1 Magelang. Berdasarkan hasil uji signifikansi dengan nilai R(1,2) sebesar 0,706; dan nilai Fhitung = 44,189 > Ftabel = 3,10 dengan taraf 5%.

Full Text:

PDF

References


Abd. Rachman Abror. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK/MAK. Jakarta: Badan Standar Nasional Indonesia.

Bustami Achir. (1983). Merencanakan Kebutuhan Fasilitas Pelajaran Praktik dan Optimasi Pemakaian. Bandung: Pusat Pengembangan Penataan guru Teknologi Bandung, Depdikbud.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryono. (2016). Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Praktik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Prodi Mekanik Otomotif Kelas XI di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif (Nomor 1 tahun 2016). Hlm. 61-64.

Dedi Arsil Majid, Amat Mukhadis dan Eko Edi Poerwanto. (2011). Pengaruh Model Penjadwalan Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Perawatan Sepeda Motor Siswa Smk. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. Nomor 1. Hlm. 35-48.

Direktorat Sarana Pendidikan. (1997). Petunjuk Administrasi Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djemari Mardapi. (1999). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika

E. Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakary.

Fajar Wisantoro dan Arif Susanto. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Praktik Terhadap Minat Belajar Transmisi Manual Kelas XI di SMK Patriot Pituruh Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif (Nomor 1 Tahun 2015). Hlm. 86-88.

Helmut Nȍlker & Eberhard Schoenfeldt. (1983). Pendidikan Kejuruan. (Alih bahasa: Agus Setiadi). Jakarta: Gramedia.

LAB Board of Governors. (1998). Block Scheduling: Innovations With Time. Amerika Serikat: Brown University.

Martinis Yamin. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivisme. Jakarta: Rajawali Press.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2008), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurul Huda. (2015). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas IX Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang:UNNES.

Pekik Wicaksono. (2012). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta:UNY

Permendiknas no. 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Puput Kartika Pratiwi. (2014). Hubungan Penerapan Jam Pembelajaran Sistem Blok dan Minat belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknik kerja Bengkel Siswa Kelas X SMKN 1 Magelang. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Purwanto dan Thomas Sukardi. (2015). Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Nomor 3. Hlm 291-306.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Suharsimi Arikunto, & Lia Yuliana. (2009). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (1987). Pengelolaan Materiil. Jakarta: Prima Karya.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sumarjo H. (2009). Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif Promosi-Degradasi pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. No 2 (volume 18). Hlm 211-234.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog Dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Nomor 1. Hlm. 83-88.

Sutrisno Hadi. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi

Suwati. (2008). Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Bandung : Grafia.

Umar Sekaran. (2006). Metodolgi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 pasal 15 tentang sistem Pendidikan nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.