Kesiapan Guru Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan dalam Implementasi Kurikulum 2013

Nur Agustina, , Indonesia
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan guru Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan dalam implementasi kurikulum 2013 dilihat dari segi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Subyek penelitian adalah 16 guru Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negei 1 Pajangan. Penelitian ini dilakukan pada April 2017 di SMK Negeri 1 Pajangan. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi RPP.

Penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut. (1) Kesiapan guru Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan dalam merencanakan pembelajaran masuk kategori kurang siap. Hal ini ditunjukkan dengan data guru telah menyusun RPP sesuai format yang telah ditentukan dalam implementasi kurikulum 2013 sebanyak 79,99%. (2) Kesiapan Guru Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam kategori tidak siap. Hal ini ditunjukkan oleh data bahwa: (a) sebanyak 51,56% guru belum memahami mengenai prinsip-prinsip dan penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (b) meskipun semua guru telah merumuskan kegiatan pembelajaran dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, namun realisasi kegiatan-kegiatan tersebut masih belum sesuai dengan ketentuan, dan (c) sebayak 61,56% guru belum menerapkan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) di dalam kegiatan pembelajarannya. (3) Kesiapan Guru Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan dalam melaksanakan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dalam kategori tidak siap. Hal ini ditunjukkan hanya 33,13% rancangan penilaian pembelajaran yang disusun oleh guru yang telah menggambarkan penilaian yang otentik.

Full Text:

PDF

References


Amat Jaedun, dkk. (2014). Kesiapan Guru Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Ejournal. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY

Arikunto. (2002). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asep Suryana & Riduwan. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Asmadi Alsa. (2007). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Aviv Budiman. (2015). Implementasi kurikulum 2013 di SMK Ma’arif Salam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Djemari Mrdapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

E Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

E Mulyasa (2013). Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

FX. Wastono. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK Di Kulon Progo Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22, No.4, hal.396-400.

Gunadi dkk. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22, No.2, hal.155-162.

Imam Muchoyar, dkk. (2014). Kesiapan Guru Teknik Bangunan dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari. EJournal. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY

Kolid Narbuko & Abu Achmadi. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Maria Fatima (2016). Sosialisasi Pelatihan Kurikulum Nasional Masih Kurang. Diakses dari www.beritasatu.com/pendidikan/367034. pada tanggal 9 Juni 2017, jam 22.30 WIB

Permendiknas Nomor 16. (2007). Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Permendikbud Nomor 20. (2016). Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Permendikbud Nomor 21. (2016). Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Permendikbud Nomor 22. (2016). Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Permendikbud Nomor 23. (2016). Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud Nomor 24. (2016). Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Peraturan pemerintah Nomor 32. (2013). Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sholeh Hidayat. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Satistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukamto. (1988). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Depdikbud Ditjen Pendidikan Tinggi.

Sutrisno Hadi. (2016). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwandi (2016). Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.23, No.1, hal.90-100.

Tri Wahyuni. (2014). Kesiapan Guru Bidang Keahlian Teknik Bangunan dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Wahyudi. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 2 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.