Pelaksanaan Pembelajaran Team Teaching pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta
Drs. Bada Haryadi, M. Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas kesesuaian pelaksanaan pembelajaran team teaching menurut pendapat siswa dan guru berdasarkan aspek CIPP (Context, Input, Process, and Product) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI dan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran team teaching pada aspek context dengan kriteria yang telah ditetapkan menurut guru termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (75%), (2) Tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran team teaching pada aspek input dengan kriteria yang telah ditetapkan menurut guru termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (75,27%) dan menurut siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (69,17%), (3) Tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran team teaching pada aspek process dengan kriteria yang telah ditetapkan menurut guru termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan capaian persentase sebesar (81,25%) dan menurut siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (70,96%), (4) Tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran team teaching pada aspek product dengan kriteria yang telah ditetapkan menurut guru termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (73,44%) dan menurut siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan capaian persentase sebesar (68,26%).
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.( 2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Eko Putro Widoyoko. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press
Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Gunadi, Tawardjono Usman, dan Beni Setya Nugraha. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 22, No.2. Hlm 1-157.
Jamal Ma’mur Asmani. (2010). Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogjakarta: Diva Press.
Kaufman, et.al. (1979). Need Assessment, Concept and Aplications. New Jersey: Englewood Clifts, Educational Technology Publications.
Lugik. (2012). Teknik Ukuran Sampel Krecjie & Morgan. Diakses dari http://lugik.blog.uns.ac.id/teknik-ukuran-sampel-krecjie-morgan.html pada tanggal 29 Januari 2017, jam 21.32 WIB.
Martubi. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 18, No. 1. Hlm 1-89.
Milan Rianto. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.
Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhib Budin. (2010). Pendekatan Penelitian (Penelitian Evaluatif dan Evaluasi,Eksperimen dan Kuasi Eksperimen). Diakses dari http://suluhmenyuluh.blogspot.co.id/2013/11/pendekatan-penelitian-penelitian_22.html pada tanggal 30 Januari 2017, jam 20.26 WIB.
Nanang Abdullah. (2014). Kurikulum 2013 Teknik Gambar Bangunan. Diakses dari http://nananggb.blogspot.co.id/2014/11/kurikulum-2013-teknik-gambar-bangunan.html pada tanggal 28 Januari 2017, jam 12.51 WIB.
Naxsea. (2011). Apa itu Team Teaching????. Diakses dari http://naxsea.blogspot.co.id/2011/07/apa-itu-team-teaching.html pada tanggal 28 Februari 2017, jam 21.32 WIB.Ditulis di belakang SIMPULAN DAN SARAN, dengan mengikuti gaya selingkung E-Journal, seperti tercantum dalam Guideline jurnal ini (yang meratifikasi APA Edisi IV).
Nugroho Wibowo. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 23, No. 1. Hlm 47.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.
Sardiman. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (1993). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uhar Suharsaputra. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Yeni Artiningsih. (2008). Team Teaching. Diakses dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/28/team-teaching/ pada tanggal 1 Maret 2017, jam 19.58 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.